Pulau Peucang, Menikmati Keindahan Surga Kecil di Ujung Kulon Banten

Pulau Peucang

Pulau Peucang, Menikmati Keindahan Surga Kecil di Ujung Kulon Banten – Sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon ada sebuah pulau yang memikat hati wisatawan lokal atau luar negeri. Ukuran tidak demikian luas, tetapi pulau ini tawarkan pesona alam yang demikian alami. Pantainya putih bersih berpasir halus. Sisi dalamnya dirimbuni dengan rimba primer yang terbangun.

Wisata alam Pulau Peucang bagus sekali dan membuat orang yang mendatanginya berasa candu. Pulau ini dikitari oleh bentangan pasir putih di tepi pantai, air biru yang jernih, dan terumbu karang elok memesona.

UNESCO pernah menganugerahi pulau ini sebagai salah satunya dari situs alam peninggalan dunia karena mempunyai keanekaragaman flora dan faunanya. Akan tapi, walau ramai didatangi wisatawan, warung atau pertokoan di pulau ini masih jarang-jarang. Karenanya, seharusnya jika berkunjung pulau ini, bawa bahan makanan dasar yang komplet. Anda harus juga mengolah sendiri sepanjang tinggal di situ.

Daya Tarik Pulau Peucang ada di pantainya yang elok, dengan pasir putih panjang yang cantik. Pasir pulau ini padat, tidak seperti pasir pantai umumnya. Pulau ini dikitari rimba yang ditempati banyak hewan liar, seperti kancil, rusa, babi rimba, dan monyet, dan banyak burung liar. Saat makan pagi di pemondokan, hewan-hewan liar ini tidak akan sangsi untuk mendekati Anda. Kegiatan wisata yang bisa dilaksanakan di Pulau Peucang, diantaranya snorkeling, diving, trackking, dan memancing.

Kegiatan wisata yang bisa dilaksanakan di Pulau Peucang, diantaranya snorkeling, diving, trackking, dan memancing. Pantai Pulau ini aman untuk direnangi karena hampir tidak ada ombak. Ombak cuma ada kadang-kadang, saat kapal lewat. Air lautnya yang biru dan bersih, membuat Anda kerasan beberapa jam duduk atau berenang di pinggir pantai.

Baca Juga : Gunung Honje, Menikmati Keindahan Sungai Cigenter dari Atas

Air lautnya benar-benar bersih dan jernih, tidaklah aneh cuman satu mtr. dari pantai, Anda dapat menyaksikan banyak ikan berenang. Tidaklah aneh bila banyak wisatawan lokal dari Pandeglang, Jakarta, atau Bogor yang tiba ke pulau ini untuk sekedar memancing dengan tenang.

Sebagai informasi, untuk wisatawan yang ingin ke arah Pulau Peucang harus jalani perjalanan panjang saat sebelum datang di pulai ini. Berkendaraan sampai 6 jam ke arah Dusun Kertajaya, Kecamatan Sumur, jadi hal pertama kali yang harus dilakukan. Seterusnya, melaut dengan perahu sepanjang 3 jam jadi perjalanan yang perlu dilakukan saat sebelum datang di Pelabuhan Pulau Peucang.

Untuk masalah pemondokan, di sini ada vila yang terdiri dari beberapa kamar. pengunjung yang ingin ke Pulau Peucang seharusnya mengontak faksi Taman Nasional Ujung Kulon untuk mempermudah perjalanan kesini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *