Pemandangan Pantai Ujung Genteng yang Memikat


Pantai ujung genteng yaitu salah satu tamasya alam di tempat Jawa Barat. Pantai ini yaitu salah satu yang berada di zona pesisir Sukabumi. Banyak orang yang masih belum banyak mengetahui eksistensi pantai ini. Pantai yang sekelumit ini seperti surga dunia. Untuk letak zona kurang lebih 220 km dari Jakarta, dan 230 km dari Bandung. Dari sini, telah pasti bisa disimpulkan bahwa tempat ini jauh dari keramaian kota. Lebih dari itu, pekerjaan beberapa besar penduduk sekitar yaitu petani dan nelayan jalanjalanaja.com.

Penamaan Pantai Ujung Genteng

Nama ujung genteng yaitu perubahan ejaan dari “ujung gunting”. Kenapa diberikan nama demikian? sebab letak tempat ini berada di sudut pulau jawa, di komponen barat yang mana wujudnya seperti gunting. Ujung gunting di komponen atas diberikan nama dengan “Ujung Kulon”, sementara yang dibagian bawah disebut dengan “Ujung Genteng”.

Baca Juga : Resep Untuk Membuat Sendiri Es Biskuit Dirumah Dengan Sangat Mudah

Mengamati estetika Pantai Ujung Genteng

Secara garis besar, zona tamasya ini mempunyai dua wilayah yang dapat anda jelajahi, ialah tamasya pantai dan air terjun atau yang disebut dengan curug. Keduanya mempunyai estetika yang menarik pun pantai Uung Genteng sendiri dijuluki dengan Mutiara yang tersembunyi. Padahal tergolong zona laut selatan, tetapi ombaknya tak besar dan tak membahayakan sehingga masih aman untuk berenang. Sekalipun dalam situasi pasang, air juga tak terlalu tinggi.

Karakter dari pantai ini yaitu rentangan pasir putih yang luas dan deburan ombaknya yang besar, tetapi tak membahayakan. Air lautnya bening dan bersih sehingga banyak pelancong yang betah menghabiskan waktunya di laut. Tak cuma itu, kekayaan bahari di laut juga tak boleh anda lewatkan. Warna-warni ikan, binatang laut, karang dan semuanya dapat anda nikmati disana. Tiap pengunjung mesti konsisten berhati-hati apabila menjalankan aktifitas berenang disana sekalipun ombak laut masih tergolong aman. Lebih-lebih, apabila anda mengajak si kecil-si kecil.

Lebih dari itu, banyaknya ekosistem laut dan keanekaragaman ikan di laut menghasilkan daerah ini ideal untuk dikunjungi pelancong yang mempunyai hobi memancing. Eksistensi masih tergolong natural sehingga memancing malah menjadi aktifitas yang betul-betul menyenangkan bagi anda. Bermacam-macam tipe ikan juga ukurannya dapat anda temukan disini. Tak cuma itu, pelancong juga bisa merasakan panorama bekas puing dermaga di zaman Belanda dulu. Banyak pelancong pun masyarakat lokal yang belum mengenal sejarahnya. Walau demikian, panorama pantai menjadi unik dan baik untuk dibuat latar belakang foto anda. Panorama pantai juga dikelilingi oleh hutan lindung, mercusuar, dan detektor gempa.

Hal-Hal Yang Dapat Dilakukan di Pantai Ujung Genteng

Di sepanjang garis pantai ujung genteng ini, ada banyak daerah tamasya yang dapat anda kunjungi.. Kecuali sebagian hal yang telah diceritakan di atas, ada hal-hal lain yang dapat anda lakukan di pantai ini, ialah;

Belanja hasil laut yang masih segar
Dikala bertamasya ke Pantai Ujung Genteng, anda tentunya dapat berbelanja hasil laut yang masih dalam situasi segar. Bagi anda pecinta seafood, sayang sekali apabila anda melewatkan hal ini. Kecuali tangkapan ikan segar, disini juga dapat anda jumpai udang, cumi, sotong, dan yang lainnya. Tak cuma segar, harganya malah ruamah di kantong.

Berkunjung ke Pantai Ombak Tujuh
Pantai Ombak Tujuh ini adalah komponen Pantai Ujung Genteng, tetapi letaknya agak terpencil. Disini, anda dapat merasakan gulungan barisan ombak yang bergantian untuk menubruk batu karang. Dinamakan dengan Pantai Ombak Tujuh sebab ombak hal yang demikian terus bergulung tidak ada habisnya. Anda yang mempunyai hobi surfing, daerah ini sesuai untuk dikunjungi. Sebab lokasinya terpencil dan jalan masuk susah, anda dapat menaiki perahu supaya lebih praktis. Banyak barisan perahu di pantai hal yang demikian dan anda dapat memilihnya. Untuk lama perjalanannya kurang lebih 1 jam.

Berenang di Pantai Cibuaya
Sekiranya anda berkunjung ke Pantai Ujung Genteng, jangan lupa untu berkunjung ke Pantai Cibuaya juga. Pantai ini memang tidak berpasir putih maupun air lautnya yang jernih, tetapi panoramanya betul-betul menakjubkan terpenting ketika sang surya terbenam. Pantai Cibuaya ini mempunyai banyak karang sehingga anda dapat memandang karang yang muncul karam ketika air sebab surutnya air laut. Ada sebagian hal yang dapat anda nikmati disini ialah cafe, bungalow, dan ada juga penjual ikan bakar.

Merasakan Taman Selabintana
Taman ini termasuk taman rekreasi yang cukup populer di tempat Sukabumi. Banyak hal menyenangkan yang dapat anda lakukan disini, seumpama bermain di kolam renang, naik ATV, si kecil-si kecil dapat bermain di children playground, dan yang lainnya. Taman ini betul-betul sejuk sebab banyaknya pohon-pohon disana. Anda dapat duduk bersama keluarga disini sambil menggelar piknik dan merasakan cantiknya panorama disana. Untuk dapat bermain di Taman Selabintana ini, anda akan dikenakan tarif yang betul-betul murah ialah Rp. 5000 saja/

Bermain di Air Terjun Luhur
Kecuali sebagian hal di atas, anda juga dapat mengunjungi Air Terjun Luhur ini yang termasuk populer di Ujung Genteng. Terbentuknya air terjun ini ialah dari 3 aliran air terjun. Cucuran air hal yang demikian walhasil turun dalam satu kolam. Ketinggiannya kurang lebih 30m. Sekiranya anda berkeinginan berkunjung ke air terjun ini sebaiknya ketika pagi hari sebab sang surya belum terik akan menghasilkan suasana lebih nyaman. Adapun lokasi air terjun tepatnya di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Surade, Sukabumi.

Rute Menuju Pantai Ujung Genteng

Sekiranya anda berkeinginan berkunjung ke Pantai Ujung Genteng, rutenya gampang. Sekiranya perjalanan dari Jakrta, anda dapat menerapkan kendaraan beroda empat dengan waktu tempuh kurang lebih 5 jam. Sekiranya anda menerapkan kendaraan roda dua juga dapat. Perjalanan memang tergolong lama, tetapi hal ini akan terasa ringan sesudah anda menyaksikan estetika alam di sepanjang perjalanan, seperti; Pelabuhan Ratu, Kebun Teh Surangga, pohon kelapa, dsb. Ada sebagian metode yang dapat ditempuh untuk dapat hingga di pantai ini.

Sekiranya dari arah Jakarta, anda dapat menuju Ciawi, Cicurug, Cibadag sampai kemudian hingga di Pelabuhan Ratu. Dari sini, anda dapat lanjut ke Surade melewati Cikembar dan Jampang. Sekiranya anda telah hingga di Surade, berikutnya anda mencari jalan ke Ujung Genteng.
Sekiranya arah perjalanan dari Bandung, perjalanan dapat menuju arah Sukabumi melewati Cianjur. Berikutnya, lanjutkan perjalanan menuju Jampang Tengah, Jampang Kulon, juga Surade. Perjalanan waktu tempuh kurang lebih 4 jam.
Untuk menuju Pantai Ujung Genteng juga dapat dengan kendaraan lazim. Anda dapat berangkat dari terminal Sukabumi menuju Terminal Lembur. Berikutnya, lanjutkan perjalanan ke Surade dengan menerapkan elf atau bus. Kemudian dari Surade, anda dapat menaiki angkutan pedesaan warna merah jurusan Genteng.
Jalan lainnya juga dapat dari arah banten dan arah lainnya. Anda cukup mencari arah menuju Surade. Berikutnya, anda lanjutkan berkendara kurang lebih 45 menit untuk hingga ke Ujung Genteng.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *