Rumah Makan Khas Malang Yang Wajib Dicoba


Liburan masakan sebagai kombinasi nikmati satu makanan sembari nikmati keadaan jalur, santai atau sedang tamasya, sampai manfaatkan waktu ke sebagian daerah yang sediakan makanan yang menjadi ciri khas kota hal yang demikian. Dalam kata lain istilah kulineran dapat dirinci secara bebas tanpa hilangkan arti kombinasi di antara berekreasi sekaligus cari makanan khas jalanjalanaja.com.

Kuliner Khas Malang Paling Enak

Kini ini kulineran sudah menjadi sebuah pola hidup yang tak dapat dipisah dari kehidupan tiap-tiap hari sebab makanan yaitu sebuah kebutuhan tiap-tiap hari. Segala itu, memerlukan metode pengolahan makanan yang nikmat.

Baca Juga : Daftar Wisata Air Terjun Terindah Di Jawa Timur

Wisata di malang tidak komplit rasanya tanpa mencicipi masakan khas kota malang, kecuali pantai dan daerah wisatanya kota malang juga menaruh sejuta aneka masakan.

Daftar Rumah Makan Khas Malang Paling Populer

Malang memang mempunyai iklim yang dingin, dan adem. aneka masakan nikmat di malang juga senantiasa menarik hati para pelancong untuk mencicipinya sebab kelezatannya. bagi anda yang kebingungan mencari daerah masakan dimalang yang nikmat, lezat dan murah tentunya, berikut sebagian aneka masakan malang yang harus kita singgahi apabila sedang berliburan ke malang.

1. Warung Oen
Warung Oen atau yang sering kali di ketahui dengan warung es krim legendaris ini telah ada semenjak 1930, berada di jalan basuki rahmat, warung ini mempersembahkan es krim beraneka rasa dan menu lainnya seperti steak, nasi goreng dan juga aneka kudapan manis. Dahulu Warung Oen ialah daerah unggulan para petinggi setempat yang kala itu kebanyakan berkebangsaan eropa.

Warung yang bernama komplit Oen Ice Cream Palace Pattisier ini memang memiliki arsitektur yang akan susah dijumpai pada bangunan yang dibangun sesudah era kemerdekaan. Bangunan putih dengan banyak jendela komplit dengan ornamennya yang kompleks serta dipadu warna hijau cemerlang.

Es krim yang beda inilah yang membikin tiap-tiap pencobanya mabuk kepayang. Pun sebagian pengunjung banyak yang jauh-jauh datang dari luar kota sebab ketagihan dengan keeksotisan es krimnya. Bila yang sempat mencoba, es krim di Warung Oen agak serupa dengan es krim di Ragusa, Jakarta. Harga tiap-tiap porsi es krim dipatok mulai dari Rp. 10.000.

2. Soto dan Bakso Geprak Mbah Djo
Kios Mbah Djo-lah salah satu daerah yang perlu kita datangi. Citarasa masakan yang tersedia di rumah makan ini telah ada semenjak sebelum kemerdekaan, merupakan dari tahun 1935. Resep rahasia turun temurun semenjak dahulu mewujudkan aneka sajian menu kuliner di Kios Mbah Djo ini terasa unik, berbeda, dan maknyus.

Di Kios Mbah Djo, kita akan bisa menemukan jenis menu khas andalan Kota Masakan ini. Menu-menu hal yang demikian di antaranya merupakan bakso geprak, soto geprak ayam kampung, soto geprak campur, soto geprak daging, pecel deplok, ayam goreng geprak, bebek goreng geprak, dan nasi kepala bebek.

Harga yang dipatok kios ini untuk aneka menu hal yang demikian berkisar antara Rp 5.500 sampai Rp 13.000 saja. Dengan citarasa tiada banding dan harga Malangan hal yang demikian, tak heran sekiranya banyak sekali pelanggan Mbah Djo hingga kini.

3. Depot Hok Lay
Depot Hok Lay ialah salah satu rumah makan yang telah cukup lama berdiri di Malang semenjak tahun 1937. Tidak heran sekiranya suasana interior bangunan Depot Hok Lay cukup kuno dan bergaya arsitektur Belanda. Depot Hok Lay ini diketahui dengan sebutan Depot Cwie Mie dan Lumpia Hok Lay. Pasalnya, depot ini cukup diketahui dengan menu primadonanya merupakan Cwie Mie Malang dan Lumpia Semarang.

Cwie mie yang dipersembahkan di Depot Hok Lay ini tak banyak berbeda dengan cwie mie khas Malang lainnya. Melainkan dijamin citarasa serta taburan pangsit yang krispy dan mienya yang terasa lembut akan membikin kita ketagihan untuk mampir lagi.

Sementara itu, lumpia Hok Lay bahkan tak keok enak untuk dicoba. Kita akan menerima dua potong lumpia sekiranya mengorder seporsi. Lumpia itu berisi rebung dan daging cacah yang kemudian dihidangkan dengan acar mentimun, cabai rawit, daun bawang, selada air, dan saus tauco yang kental nan lezat. Kedua menu hal yang demikian cuma ditawarkan dengan harga yang cukup relatif murah, merupakan Rp 11.000 untuk lumpia dan cwie mie cuma Rp 10.000.

4. Rumah Makan Cairo
Tidak perlu jauh-jauh ke arab untuk merasakan makanan khasnya. Di Jl.Kapt. Tendean No1, sebagian meter ke arah barat dari pasar besar Malang, terdapat sebuah Rumah makan Cairo yang memasarkan panganan khas arab seperti Sate Kambing, Gule Kambing, Krengsengan, Martabak, sop cairo, nasi goreng cairo, nasi marak, roti maryam dan masih banyak lagi. Dan tak tertinggal menu khas adalah nasi Kebuli. Kecuali makanan.

Kecuali beraneka variasi kuliner Timur Tengah, dipasarkan juga aneka kudapan manis dan jajanan Mesir ucap saja kudapan manis Mesir Ka’aq, roti maryam, samosa cairo, pastel kacang, roti nougat, risoles, kudapan manis wijen, dan yang paling khas susu kambing Etawa yang dikemas di dalam botol. Rumah Makan yang berdiri semenjak tahun 1953 ini didirikan oleh ayah dari Abdul Latief, dan kini mempunyai sebagian cabang di tempat Malang dan Batu. Bahan utama yang diaplikasikan di Rumah Makan Cairo ini ialah kambing betina yang mana rasa kambingnya lebih nikmat dan gurih serta mempunyai tekstur daging yang empuk sehingga bumbu-bumbunya dapat masuk ke dalam daging.

5. Bakso Kota Cak Man
Dikala mengobrol masakan khas Kota Malang, orang kebanyakan akan menceritakan “bakso Malang”. Di Malang sendiri, terdapat banyak sekali nama bakso yang sudah diketahui masyarakat Indonesia. Melainkan, cuma sedikit sekali bakso Malang yang dapat sungguh-sungguh menusantara. Dalam kurun sebagian tahun akhir-akhir ini, terbukti ada satu Bakso Malang yang sungguh-sungguh kuat timbul ke permukaan merupakan Bakso Kota Cak Man. Bakso yang terletak di sebelah barat Balai Desa Jambangan kecamatan dampit ini cuma melayani masyarakat malang saja.

Tidak salah memang sekiranya menyebut kota Malang sebagai kota bakso yang namanya telah familiar di masyarakat. Sebab di kota ini makanan berbahan dasar daging ini pastinya telah banyak kita jumpai, mulai dari pedagang kaki lima hingga resto elit bahkan kini bertanding laga memperlihatkan bakso dengan beraneka penemuan kreatif.

Masakan orisinil warga Malang yang terdiri dari pentol, tahu putih, tahu kuning, siomay, mie kuning berbaur dengan kaldu ayam ini memang senantiasa membikin kita berharap mencoba lagi dan lagi. Bila Anda singgah ke Kota Malang pastinya belum komplit sekiranya belum merasakan masakan khas Malang yang tentunya mempunyai cita rasa berbeda dari kota kota lainnya di Indonesia.

6. Depot Rawon Nguling
Depot Rawon Nguling ialah salah satu daerah masakan di Malang yang kelihatan senantiasa ramai didatangi pengunjung. Depot ini berlokasi tak jauh dari alun-alun Kota Malang, tepatnya merupakan di Jalan Zainal Arifin 62 Klojen. Letaknya cukup gampang sekali ditemukan sebab berdekatan dengan Plaza Malang, Mitra 1, dan Gajah Mada Plaza.

Depot Rawon Nguling yang citarasa rawon yang super mantap dan nendang abis. Daging rawonnya sungguh lembut dan dipotong besar-besar. Kuah rawonnya kelihatan berwarna hitam tak terlalu pekat dan tak berlemak. Bebauan bumbu rawonnya bahkan terasa harum menarik hati bak menandakan kelezatan citarasanya. Di sini tips dapat mengorder dua varian rawon merupakan Rawon Dhengkul dan Rawon Umum.

Berikut sebagian teladan varian menu yang ditawarkan Depot Rawon Nguling ini, antara lain seperti:
Rawon Buntut – Rp 55.000
Nasi Rawon Umum – Rp 24.000
Empal – Rp. 15.000

7. Pecel Kawi
Dari namanya saja telah terang, rumah makan yang satu ini menyediakan nasi pecel sebagai menu utamanya. Dan letaknya dapat dipastikan di tempat Kawi, lebih tepatnya di J. Kawi Atas No. 43, Malang. Pecel Kawi ini telah cukup populer bagi beberapa besar masyarakat kota Malang, sebab rasa bumbunya yang khas. Tidak jarang ada pembeli yang berasal dari kota Malang yang juga menyinggahi kios pecel ini. Lazimnya kios ini telah mulai melayani pembelinya tiap-tiap hari semenjak pukul 7 pagi sampai pukul 2 siang hari.

Seperti nasi pecel pada umunya, nasi yang dipersembahkan dengan berbagai-jenis sayuran rebus dengan siraman bumbu kacang. Kecuali rempeyek dan tempe, kios ini juga menyediakan lauk komplemen yang lainnya, ada bali telur, bali daging, empal dan sate komoh. Untuk minumannya, ada sebagian variasi minuman yang tersedia, seperti kopi, teh, jahe telor, susu telor madu, susu jahe dan STMJ (Susu, Telor, Madu, Jahe) yang cukup digemari para pembelinya. Kecuali nasi pecel, kios ini juga menyediakan nasi rawon dan nasi campur.

Berdiri semenjak tahun 1975, Pecel Kawi ini dapat dibilang ialah salah satu ikon masakan Legendaris yang ada di kota Malang. Apalagi, mutu citarasa pecelnya yang telah diturunkan secara turun temurun, sudah banyak diketahui di kalangan masyarakat. Pun, sebagian stasiun TV Tanah Air sempat sebagian kali mengerjakan liputan khusus di Pecel Kawi.

8. Depot Soto Ayam Lombok
Semenjak didirikan pada 1955, Depot Soto Ayam Lombok telah banyak diketahui masyarakat dengan cita rasanya yang khas. Soto Lombok kelihatan berwarna keruh kecoklatan, agak kental. Penyajiannya sendiri terdiri atas nasi dengan potongan kentang rebus, telor bebek rebus, mie su’un, irisan kubis segar, taoge, potongan daging ayam kemudian ditaburi koyah. Sajian soto lombok ini akan terasa lebih enak sekiranya dirasakan bersama krupuk rambak yang terbuat dari kulit sapi dan dicampur sedikit kecap manis.

Daftar menu makanan yang dihadirkan Depot Soto Ayam Lombok ini antara lain merupakan Nasi Soto Ayam Umum, Nasi Soto Kulit, dan Nasi Soto Istimewa. Kita juga dapat merasakan krupuk rambak, es jeruk, wedang jeruk, es teh, dan lain-lain sebagai pendamping soto. Segala menu hal yang demikian dapat dirasakan dengan merogoh kocek sekitar Rp 3.000 sampai Rp 15.000 saja. Kelezatan citarasa soto lombok dan harganya yang berteman itu nampaknya banyak diminati pelanggan sehingga alhasil dibukalah sebagian cabang depot soto lombok ini diberbagai tempat di Malang dan sekitarnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *