Perbedaan Es Krim Antara Dan Gelato


jalanjalanaja.com – Kamu tentu pernah nikmati es cream atau gelato sekalian kongkow bersama teman dekatmu. Tetapi pada intinya, apa kamu ketahui jika gelato dan es cream itu berlainan? Ya, terang dari sisi nama saja telah berbeda sich, walau ke-2 nya sama dihidangkan pada keadaan dingin.

Es cream sendiri sebagai makanan dingin yang pada awalnya dikenalkan warga Amerika. Hampir serupa dengan es cream, gelato dengan bahasa Italia memiliki arti susu yang dipeti-eskan. Datang dari benua yang lain, dua dessert ini selanjutnya menebar ke beragam negara di dunia.

Selainnya ketidaksamaan asal dan penyebutan, rupanya masihlah ada banyak bukti ketidaksamaan ke-2 nya yang sedikit dijumpai orang. Ingin tahu? Baca penjelasannya di bawah ini.

Langkah penyuguhan

Es cream dan gelato sama dihidangkan dapat dengan cone. Ke-2 nya kelihatan serupa memang. Salah satunya yang berbeda dari ke-2 nya ialah temperaturnya saat dihidangkan. Es cream dihidangkan pada temperatur yang cukup dingin, dengan struktur yang enteng dan halus.

Dan gelato tidak dihidangkan pada temperatur yang serupa dengan es cream. Karena, jika temperaturnya terlampau dingin karena itu tektusnya bakal menjadi terlampau keras dan kurang plastis. Karenanya, gelato umumnya dihidangkan 15 derajat lebih hangat dibanding es cream. Bila es cream dihidangkan pada temperatur yang serupa dengan gelato, karena itu es cream akan menetes dan condong mulai mencair.

Kandungan Gizi

Gelato dan es cream sama memiliki kandungan lemak dan gula. Tetapi, gelato memiliki kandungan semakin banyak susu dibanding cream, dan gelato biasanya tidak memiliki kandungan kuning telur. Dan es cream memiliki kandungan kuning telur, semakin banyak cream, dan semakin sedikit susu.

Dari elemen itu, gelato terlihat memiliki kandungan lemak yang semakin sedikit dibanding es cream. Sementara kandungan lemak pada es cream condong semakin banyak dari gelato. Rerata es cream dapat memiliki kandungan 14-17 % lemak. Dan dalam ukuran yang serupa, gelato memiliki kandungan sekitaran 8 % lemak.

Kandungan lemak yang semakin tinggi pada es cream pastilah mempengaruhi nilai kalorinya. Automatis es cream memiliki kandungan kalori semakin tinggi dibanding dengan gelato. Tetapi, ini semua bergantung ukuran jatah yang Anda bandingkan. Jika Anda makan gelato dalam jatah besar, sudah pasti kandungan lemak dan kalorinya jadi tinggi.

Baca Juga : Daftar Restoran Korea Di Bandung, Wajib Cobain!

Karena kandungan lemaknya yang lebih rendah, ketidaksamaan es cream dan gelato yang lain ialah gelato lebih rendah lemak jemu dibanding es cream.

Sama seperti yang telah Anda kenali umumnya, kuning telur dan cream memiliki kandungan tinggi lemak dan cholesterol, itu maknanya bila makan es cream, Anda harus lebih waspada akan kandungan lemaknya ini.

Bila dibanding, 100 g gelato dan 100 g es cream vanili akan mempunyai kandungan nutrisi yang lain.

Tiap 100 g gelato memiliki kandungan 90 kalori, 3 gr lemak, 10 gr gula. Dan 100 g es cream vanili memiliki kandungan 125 kalori, 7 gr lemak, dan 14 gr gula.

Struktur Gelato Lebih Creamy

Dibandingkan es cream, gelato lebih creamy dengan struktur lebih lembut dan halus. Saat disekop, gelato lebih padat dan plastis. Berlainan dengan es cream yang teksturnya condong enteng dan cepat lumer di mulut.

Sementara struktur yang lain diketemukan pada sorbet. Menyinggung sorbet, Ronald menerangkan jika sorbet masih termasuk dalam gelato. Namun sorbet memakai material dasar buah-buahan yang dipeti-eskan dan kandungan airnya semakin tinggi. Lemak susunya semakin sedikit, dan kandungan udaranya semakin banyak.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *