Makanan Khas Toraja yang Wajib Anda Coba


Tana Toraja tentunya bukan hal yang asing di alat pendengar masyarakat Indonesia. Keberagaman kultur serta istiadatnya senantiasa memancing untuk diulik dan dijelajah. Malahan sampai menarik perhatian pelancong asing dari bermacam penjuru negeri. Hal ini terbukti belum membikin Toraja puas, ternyata Tana Toraja juga mempunyai masakan khas yang tidak tidak populer jalanjalanaja.com.

Makanan Khas Toraja Paling Enak

Yuk simak masakan apa saja yang paling populer dan patut coba dalam review berikut.

1.Pa’piong Manuk Ayam atau Dangkot

Papiong manuk atau ayam ini yakni makanan yang berbahan dasar ayam. Masakan khas Toraja ini menjadi makanan yang diburu oleh banyak orang sebab kelezatannya. Sebetulnya, pa’piong tak seharusnya mengaplikasikan daging ayam sebab segala daging dapat di olah untuk menjadi pa’piong. Entah itu daging ikan, babi, atau daging sekalipun yang disesuaikan dengan selera penikmatnya.

Baca Juga : Istana Langkanae Luwu di Palopo

Daging ayam yang sudah dibersihkan akan dicampur dengan resep khusus yang kaya akan rempah. Yang membikin cita rasanya makin nikmat sebab adanya daun mayana dalam pelaksanaan pengolahannya. Untuk menambah rasanya, ayam juga akan ditambahkan dengan cabe rawit. Bagi pecinta masakan yang tak doyan pedas sebaiknya berhati hati untuk rasa pedasnya. Namun sedangkan pedas namun masakan satu ini patut untuk Anda rasakan sendiri.

2. Pokon

Masakan populer di Toraja berikutnya yaitu Pokon yang mirip dengan lontong. Yang membuatnya berbeda cuma di bahan dasarnya dan juga teknik membungkusnya. Bahan utama yang dipakai dalam pokon yaitu beras ketan hitam. Dalam pengolahannya pokon akan dimasak dengan parutan kelapa sehingga rasanya kian gurih. Pokon dibungkus dengan daun bambu dan juga daun pandan yang kemudian diikat dengan rafia.

Pokon sendiri dimasak dengan sistem dikukus dengan mengaplikasikan kayu bakar sehingga rasanya lebih nikmat. Pokon Toraja memang senantiasa dirindukan sebab kecuali rasanya yang nikmat, bahan yang dipakai memang sudha yang berkwalitas, Pokon umumnya cuma diciptakan saat upacara tertentu seperti pernikahan, Ma’Tammu Tedong, serta pengucapan syukur sesudah panen. Jangan heran seandainya makanan ini senantiasa jadi rebutan dan amat familiar.

3. Deppa Tori

Deppa Tori yakni camilan yang tidak keok populer di Toraja. Camilan ini terbuat dari tepung beras dengan gula merah serta bahan lainnya. Deppa Tori dimasak dengan sistem digoreng sehingga teksturnya renyah. Tidak jarang para wisatawan mewujudkan makanan ini sebagai oleh oleh untuk di bawa pulang. Untuk menemukan camilan satu ini juga tidaklah susah umumnya sentra oleh oleh khas Toraja menyediakannya. Malahan ada juga yang menjajakannya secara keliling.

4. Pantollo Pamarrasan

Makanan khas Tana Toraja selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan untuk dicicipi yaitu Pantollo Pamarrasan. Pamarrasan sendiri yakni nama dari bumbu dimana di tempat lain menyebutnya sebagai kluwak. Olahan Pantollo Pamarrasan mengaplikasikan daging sebagai bahan dasarnya. Mulai dari daging sapi sampai daging ikan yang kemudian ditambahkan dengan rempah yang lain. Masakan ini dapat ditemui di hampir segala restaurant di Toraja.

Kecuali menikmatinya di Tana Toraja, pecinta masakan juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Merindukan masakan Tana Toraja sekarang bukanlah hal yang susah mengingat jarak kadang jadi kendala. Metode pembuatannya juga gampang serta tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Daginya dapat Anda pilih mau daging sapi atau ikan seperti ikan gabus atau malah ikan mas. Kemudian rempah yang lainnya juga dapat dengan gampang untuk dicari kluwak contohnya.

5. Palopo Khas Toraja

Masakan khas Toraja ini kecuali populer juga unik sehingga seharusnya dicoba saat mengunjungi Toraja. Menu satu ini berbahan dasar tepung sagu yang sudah disiram air panas sesudah itu disusun menjadi bulatan bulatan seperti cilok. Bulatan sagu juga ditambahkan daging atau ikan tertentu. Bulatan akan ditambahkan dengan kuah berbumbu kacang yang berisi sayuran seperti jagung. Makanan satu ini amat sedap seandainya disantap dalam kondisi hangat.

Makanan satu ini juga akan membikin penikmatnya pesat kekenyangan sebab adanya sagu didalamnya. Sehingga sedangkan tak mengaplikasikan nasi juga tak akan menjadi situasi sulit. Rasa yang nikmat dengan teksturnya yang kenyal berserta kuah ikan yang gurih tidak akan dapat dilupakan semacam itu saja. Saat menginjakkan kaki di Tana Toraja jangan hingga kelewatan untuk menjajal masakan yang menggoyang lidah satu ini.

6. Pa’piong Bo’bo Nasi

Pa’piong memang menjadi makanan khas dari Tana Toraja yang unik. Sebab sistem memasaknya di dalam bambu dan dibakar. Pa’piong Bo’bo Nasi ini yakni beras yang sudah dicampur dengan bumbu tertentu. Kemudian dimasukkan ke sebilah bambu yang telah dilapisi dengan daun pisang muda. Bambu hal yang demikian dibakar sampai isian di dalamnya menempuh kematangan yang total. Berminat untuk mencobanya masakan khas Toraja ini?

7. Dangkot Daging Kotte Bebek

Makanan satu ini berbahan dasar bebek yang dimasak dengan bumbu khusus dari Tana Toraja. Rempah rempah yang ada didalam bumbu diandalkan sanggup untuk meningkatkan tenaga bendung tubuh. Kecuali itu juga dapat meningkatkan antioksidan sampai mencegah anemia. Rasa dari dangkot daging kotte bebekini gurih serta pedas yang akan membikin Anda ketagihan. Makanan satu ini juga dapat diciptakan oleh oleh untuk keluarga di rumah.

8. Tu’tuk Utan Toraja

Masakan populer satu yakni sayuran yang diolah sedekimian rupa sehingga menciptakan rasa yang nikmat. Tutuk sendiri berarti tumbuk sementara utan berarti sayuran. Metode mengolahnya sendiri memang dengan sistem menumbuk sayuran dalam hal ini daun singkong kemudian dicampurkan dengan daging yang sudah dipotong kecil kecil. Lalu ditambahkan dengan cabe dan juga kelapa yang sudah diparut terutama dulu.

Rasa makanan satu ini dijamin dapat membikin nafsu makan meningkat. Berbahan sayur tentunya sehat dan mempunyai kandungan nutrisi yang komplit. Untuk bumbu lainnya tentunya bumbu khas Toraja yang kaya akan rempah. Tu’tuk Utan Toraja ini akan kian sedap seandainya disantap dengan nasi putih yang masih menggepul. Padahal nampak simpel tetapi soal rasa boleh diadu. Penasaran untuk menikmati kelezatan makanan sehat satu ini?

9. Pantollo Bale Atau ikan

Pamntollo Bele memang mirip dengan Pantollo Pamarrasan cuma saja mengguanakan ikan. Kecuali itu juga ada tambahan bahan yang lainnya yang akan membuatnya makin nikmat. Masakan ini dapat dengan gampang Anda temui saat acara adat sebab menjadi menu unggulan masyarakat. Ikan yang dipakai yaitu tipe ikan tongkol atau ikan mas dengan tekstur yang empuk. Memasaknya juga dengan digoreng atau dipanggang dan tak ada kuah. Tentunya akan amat lezat dengan nasi hangat bukan?

10. Pangrarang atau Sate

Pangrarang ini kerap kali disebut dengan sate yang juga via pelaksanaan dibakar. Cuma saja sate khas Toraja tak mengaplikasikan tikam dan cuma dipotong potong saja. Bumbu yang dipakai juga lebih simpel ialah garam. Daging yang sudah diberikan dengan fgaram akan dibakar sampai matang. Metode penyajiannya umumnya dengan cabe uleg yang sudah ditambahkan jeruk nipis. Untuk daging yang dipakai biasanya daging sapi atau daging ayam.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *