Wisata Kebun Raya Kendari Koleksi Flora dan Fauna


Bagi pelancong wisatawan yang menyenangi berlibur ke alam bebas, kebun raya ini adalah alternatif yang pas. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati tentramnya berada di kebun raya. Pelancong dapat mendapatkannya di Kendari. Disini pelancong akan dimanjakan dengan beraneka tipe flora ataupun fauna yang mendiami kebun raya.

Panorama yang disuguhkan oleh Kebun Raya menghadirkan suasana teduh pohon-pohon rimbun serta bermacam fauna yang bisa dengan gampang dijumpai disini. Dengan suasana yang teduh ditambah sahut-sahutan binatang membikin pengunjung yang merasa betah berlama-lama disini. Amat disarankan sebagai zona rekreasi keluarga sebab kebun raya ini pantas untuk buah hati-buah hati.

Mengenal Kebun Raya Kendari

Pengunjung yang datang kesini tak cuma berasal dari dalam tempat Kendari saja, melainkan juga ada pelancong yang berasal dari luar tempat. Dengan seluruh energi tarik yang dimilikinya, sesuai saja bila kebun raya ini senantiasa dikunjungi oleh pelancong dari bermacam tempat.

Baca Juga : Masjid Terapung Al-Alam di Tengah Teluk Kendari

1. Mempunyai Keragaman Flora dan Fauna
Bila membahas mengenai keragaman flora dan fauna, kebun raya satu ini tak perlu diragukan lagi koleksi jalanjalanaja.com. Banyak sekali jenis flora ataupun fauna yang mendiami kebun raya ini. Seperti halnya Burung Gelatik, Rangkong, Mandar dan Makaka tersedia disini. Tidak cuma itu saja, sebanyak 38 spesies tumbuhan kayu bahkan tumbuh secara lebat disini,

Bermacam-macam flora dan fauna eksotis khas Sulawesi Tenggara bisa pelancong peroleh disini. Disini juga terdapat taman flora dengan jumlah 7 ribu koleksi yang terhampar di tanah seluas 22 hektare. Wah, sesuai saja bila kebun raya ini menjadi daerah unggulan rekreasi keluarga. Seluruh tipe koleksi hal yang demikian disediakan secara komplit oleh Institusi Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

2. Adanya Lintasan Sungai
Tenaga tarik berikutnya dari kebun raya ini yaitu adanya lintasan sungai. Eksistensi lintasan sungai yang mengalir disini adalah suatu hal spesial yang cuma dimiliki oleh Kebun Raya Kendari. Adanya aliran sungai kecil yang mengalir kian menambah keasrian dari kebun raya. Amat disayangkan apabila melewatkan objek tamasya sarat manfaat ini.

Aliran sungai yang mengalir terjadi sebab letaknya yang berada di jurang pegunungan sehingga tidak heran bila banyak mata air yang mengalirkan air menuju objek tamasya. Lintasan sungai kecil yang mengalir diapit oleh beraneka pohon-pohon yang seakan memberi skor tambah keindahannya. Jadi, bukan suatu hal yang mengherankan apabila banyak pelancong betah berlama-lama disini.

3. Tersedianya Camping Ground
Tenaga tarik lainnya dari kebun raya ini yaitu tersedianya camping ground. Jadi, bukan cuma keberagaman flora fauna dan aliran sungainya saja yang dilirik oleh calon pengunjung, adanya camping ground yang tersedia bahkan ikut menjadi energi tarik dari kebun raya ini. Tak jarang pelancong memanfaatkan zona ini untuk kesibukan camping.

Zona camping ground ini berdiri diatas tanah yang luas. Sehingga pelancong dapat menikmati camping sungguhan dipandu beraneka tipe flora serta fauna. Sahutan flora dengan tambahan semilir angin yang dibawa oleh daun daun dari pohon-pohon serta bunyi percikan aliran sungai mewujudkan kebun raya ini sebagai daerah terbaik untuk camping.

Rute Menuju Lokasi Kebun Raya Kendari

Kebun Raya termasuk objek tamasya alam yang cukup digandrungi bagus yang berkeinginan menikmati estetika kebunnya ataupun pelancong yang sedang menjalankan riset. Pun setiap minggunya tercatat ada lebih dari 2.000 kunjungan. Lokasi kebun raya ini berada 14,4 km dari sentra Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Masuk jalan menuju lokasi telah terbilang gampang, mengingat tempatnya yang tak jauh dari sentra kota.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mengunjungi objek tamasya ini kurang lebih 30 menit dari sentra Kota Kendari mengaplikasikan kendaraan beroda empat. Tetapi, umumnya pada tanggal-tanggal wisata sekolah maupun cuti kerja, jalan menuju lokasi sedikit ramai. Suasana teduh serta natural yang disuguhkan oleh kebun raya ini menjadi elemen banyaknya pengunjung yang memilih berekreasi disini.

Pengunjung bisa mengawali perjalanan menuju Jl. M.T. Haryono di Kendari kemudian belok ke arah kanan menuju Jl. HEA Mokodompit. Sesudah hingga di Jl. HEA Mokodompit, belok ke arah kiri lalu lanjutkan perjalanan sampai menemui bundaran. Kemudian menuju ke arah Jl. Haluoleo. Belok ke arah kiri sampai hingga di lokasi tamasya yang dituju.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *