Rekomendasi Makanan Khas Wonosobo


wisatasulawesi.com – Berekreasi alam di Dieng tidak komplet bila Anda tidak mencicip makanan uniknya.Makanan ciri khas dari teritori pegunungan Dieng sama sama yang hangat-hangat. Selainnya untuk mengenyangkan perut, makanan ciri khas Wonosobo bisa juga menghangatkan tubuh dari cuaca dingin disitu.

Disamping itu makanan ciri khas dari salah satunya kabupaten di Jawa tengah yakni kabupaten Wonosobo populer nikmat dan sama sesuai di kantong. Lantas apa makanan ciri khas Dieng yang terenak yang harus Anda cicip?

Mi Ongklok

Belum ke Wonosobo namanya jika belum coba kulineran ciri khas Wonosobo ini. Mi ongklok sudah lama jadi icon kota Wonosobo. Nama ongklok sendiri datang dari alat tolong untuk membikin kulineran tradisionil ciri khas Wonosobo sedap ini, yang disebut keranjang bambu untuk rebus. Mi ini dibuat dari mi, kubis, kol dan daun kucai yang digabung dengan kuah kacang kental yang umum disebutkan loh.

Kurang komplet rasanya jika kudapan satu ini tidak dihidangkan bersamaan dengan sate kambing dan tempe kemul, panganan ciri khas Wonosobo yang lain.

Carica

Kalian tentu tidak akan menduga jika ada sebuah yang cuma bisa ditemui di Wonosobo. Yup, carica namanya. Buah yang serupa pepaya tetapi mempunyai ukuran sedikit kecil ini tumbuh subur di daerah Dieng. Daging buahnya asam, tetapi biji carica mempunyai rasa asam manis.

Baca Juga : Makanan Khas Muna yang Unik dan Terkenal Lezat

Warga Wonosobo biasa membuat beragam olahan dari carica, seperti manisan, keripik, dan ada banyak kembali. Paketannya bermacam, dimulai dari cup kecil sampai botol. Kesedapan makanan ciri khas Wonosobo ini tidak dapat disangsikan kembali, lho!

Kue Pepe Wonosobo

Sering datang saat mendekati hari raya, Kue ciri khas Wonosobo ini bisa sekali buat dicicip saat berkunjung ke Wonosobo. Struktur kenyal dan rasanya yang manis ditanggung akan manjakan lidahmu. Bila kamu pencinta makanan manis, makanan ciri khas Wonosobo satu ini pantas kamu coba!

Dendeng Gepuk

Salah satunya masakan daging sapi ini harus masuk ke daftar makanan tradisionil Wonosobo yang perlu Kalian cicip saat bertandang ke sini. Dendeng gepuk semakin lebih nikmat jika dikonsumsi dengan nasi putih dan dibalut sambal membajak yang hendak menggoyang lidahmu.

Cenil

Kudapan ciri khas Wonosobo dan banyak daerah lain di Jawa ini termasuk makanan yang merakyat karena harga yang paling berteman dan sering ditawarkan secara kakilima. Tampil dengan beragam warna menarik, manisnya siraman gula jawa, dan taburan kelapa muda, makanan tradisionil Wonosobo ini bisa sekali kamu cicip.

Keripik Jamur

Wonosobo pernah jadi teritori pemroduksi jamur. Cukup banyak warga Daratan Tinggi dan Wonosobo yang memproses jamur jadi beragam tipe makanan basah dan kering, terhitung memprosesnya jadi keripik jamur. Selainnya mempunyai rasa yang renyah dan sedap, keripik jamur berprotein tinggi bahkan juga semakin tinggi dibanding gandum. Olahan jamur dipercayai dapat mengobati bermacam penyakit karena kandungan 9 asam amino fundamental yang tinggi.

Kacang Dieng

Kacang Dieng atau kerap disebutkan dengan kacang babi sebagai cemilan yang dibuat dari semacam kacang-kacangan yang cuma dapat Anda jumpai di Dieng. Memiliki bentuk cukup unik memiliki ukuran lebar dan semakin besar dibanding kacang biasa dan warna hitam. Cemilan ini dibikin dengan dimasak sekalian diberi bumbu di atasnya.

Rasanya renyah dan pas sekali jadi cemilan sejauh perjalanan atau untuk oleh-olehan keluarga di dalam rumah. Banyak pelancong yang memburu kacang babi saat berlibur ke Dieng karena cukup susah dijumpai di wilayah lain. Apa lagi kesedapan cemilan yang kaya nutrisi ini dapat buat suka semenjak gigitan pertama.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *