Resep Empal Gentong, Masakan Lezat Dari Kota Cirebon


Resep Empal Gentong, Masakan Lezat Dari Kota Cirebon – Resep empal gentong daging sapi, satu sajian penuh rempah dan daging sapi khas Cirebon. Kuahnya yang kaya dan rasanya yang begitu khas memanglah terasa elegan dan mengasyikkan. Kota di pesisir tepi laut utara Jawa Barat ini memanglah terkenal istimewa dengan bermacam masakan tradisional. Apalagi provinsi ini boleh besar hati dengan salah satu hidangan terbaiknya ini.

Memanglah banyak alibi makan- makan kala bermain ke kota Cirebon. Terdapat nasi jamblang, nasi lengko, sate kalong, sampai ketahui gejrot. Walaupun hawanya panas, kayaknya tidak sempat lumayan berupaya hal- hal yang baru di bermacam kedai kaki limanya kota ini. Kembali ke rumah, yang terdapat rasanya kangen mau menikmati kembal hal- hal mengasyikkan yang terjalin di situ.

Jadi fasih dalam urusan metode membuat empal gentong jadi satu keharusan tertentu. Bumbu empal gentong khas Cirebon terdiri atas bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, jintan, jahe, kunyit, dan merica, sehingga menjadikan kuahnya wangi dan berempah. Tidak hanya buat memanjakan keluarga tercinta, pastinya masakan ini pas pula apabila disajikan pada acara- acara istimewa. Maklum, lumayan sering kita menemukan empal gentong saat acara pernikahan. Nah, kenapa tidak jadikan yang spesial pula untuk di rumah.

Bahan:

  • 250 gr daging sapi
  • 100 gr paru
  • 100 gr babat

Bumbu:

  • 100 gr bawang merah
  • 150 gr bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 60 gr kemiri
  • 100 ml santan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 batang serai
  • 1 ruas lengkuas
  • 3 lembar daun jeruk
  • Garam, merica, dan gula pasir secukupnya

Baca Juga: Resep Soto Banjar, Hidangan Soto Khas Kalimantan Selatan

Cara membuat empal gentong Cirebon

1. Rebus daging, paru, dan babat bersama garam serta rempah daun salam, serai, daun jeruk, dan lengkuas buat melenyapkan bau amis. Rebus daging dekat 45 menit hingga matang dan empuk.

2. Setelah daging serta jeroan empuk dan matang, angkat daging. Potong- potong berbentuk kotak kecil. Sisihkan.

3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kunyit. Setelah itu tumis dengan sedikit minyak hingga harum.

4. Sehabis bumbu harum, tambahkan daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk nipis. Setelah itu masukkan air atau kaldu sapi. Tambahkan garam, merica, dan gula.

5. Masukkan daging, babat, dan paru ke dalam kuah bumbu kunig. Setelah itu tambahkan santan. Masak dengan api kecil sembari diaduk supaya santan tidak rusak.

6. Masak dekat 10 menit dan empal gentong siap disajikan bersama nasi hangat ataupun lontong.

Tips

1. Daging sudah matang sempurna akan berwarna kecoklatan dan tidak mengeluarkan sari daging.

2. Rasa empal gentong ditentukan dari takaran bumbu kuning, sehingga pastikan mengikuti resep dengan benar.

3. Salam, serai, dan lengkuas yang dimasukkan setelah bumbu halus harum tidak dihaluskan agar empal gentong beraroma rempah.

4. Empal gentong terasa lebih nikmat kalau menggunakan kaldu daging sapi daripada air.

5. Gula pasir ditambahkan pada empal gentong supaya rasanya lebih balance.

6. Sajikan empal gentong dengan daun kucai agar rasanya lebih nikmat. Selain itu, daun kucai juga ciri khas empal gentong.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *