Beberapa Contoh Makanan Khas Betawi Yang Legendaris


Beberapa Contoh Makanan Khas Betawi Yang Legendaris – Kekayaan kuliner Indonesia memanglah tidak butuh dipertanyakan lagi. Tiap hidangan mempunyai cita rasa yang khas. Seluruh resepnya diturunkan dari nenek moyang yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Kuliner betawi mempunyai kekayaan tipe makanan berkat hasil persilangan dari bermacam budaya semacam Arab, Tionghoa, Belanda, dan Portugis. Kerak Telor, Kue Pancong, dan Soto Betawi ialah sebagian contoh makanan khas Betawi yang terkenal di golongan warga universal.

1. Kerak telor

Kerak telor dibuat dari kombinasi telur, ketan, dan ebi. Masakan ini telah ada semenjak tahun 1970- an yang disajikan untuk acara besar.

2. Asinan betawi

Asinan khas Betawi menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya. Sehabis itu, disiram campuran bumbu kacang, cuka, dan cabai.

3. Lontong sayur betawi

Lontong sayur khas Betawi ini umumnya disajikan dikala Lebaran. Terdiri dari lontong, labu siam, dan kuah santan berempah. Umumnya dilengkapi dengan kerupuk dan sambal.

4. Nasi ulam betawi

Nasi ulam betawi ada 2 tipe, ialah basah dan kering. Dibumbui dengan rempah istimewa, kemudian dilengkapi sayur- mayur dan lauk- pauk.

5. Ketoprak

Ketoprak sering ditemui di berbagai penjual kaki 5. Sebagian bahan utamanya ialah ketahui, bihun, taoge, dan saus kacang.

6. Sayur babanci

Sayur babanci ini ialah salah satu makanan khas Betawi yang unik, sebab gak memiliki sayur- mayur sama sekali. Terdiri dari daging sapi, tetelan, kuah santan, dan ketupat.

7. Semur jengkol

Semur jengkol dimasak dengan metode merebus jengkol bersama bumbu istimewa hingga empuk. Ada yang disajikan kering ataupun basah cocok selera.

8. Soto betawi

Soto betawi memakai jeroan selaku bahan utamanya. Kuahnya dibuat dari kombinasi santan dan susu, rasanya lebih gurih.

9. Ayam sampyok

Cita rasa ayam sampyok khas Betawi dan Cina. Makanan ini dibuat dari ayam bakar dengan bumbu khas yang kokoh. Umumnya dilengkapi dengan sayur lalapan.

10. Soto tangkar

Soto tangkar memakai iga sapi selaku bahan utamanya. Dibumbui dengan kombinasi rempah dan santan, buat rasanya lebih lezat.

11. Bubur ase

Bubur ase ialah campuran asinan dan semur yang sangat unik. Sayangnya, saat ini bubur ase kian susah ditemui di mana- mana.

12. Putu mayang

Putu mayang dibuat dari tepung beras dan kanji. Tampilannya lumayan menarik sebab penuh warna. Teksturnya kenyal dan rasanya manis. Umumnya disajikan dengan santan ataupun kinca.

13. Gabus pucung

Gabus pucung dibuat dari ikan gabus yang dibumbui kuah gelap. Warna hitamnya berasal dari pucung ataupun kluwek, jadi mirip rawon.

14. Laksa betawi

Laksa khas Betawi mempunyai kuah yang kental, sebab dibuat dari kombinasi santan dan kelapa sangrai. Dari sebagian makanan khas Betawi di atas, kalian pernah mencicipi yang mana saja?

15. Roti buaya

Roti bayaran umumnya disajikan dalam kegiatan perkawinan. Ini jadi simbol kesetiaan untuk pengantin pria. Rasanya manis dan teksturnya lumayan empuk.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Manado Paling Enak

Dengan terus mencicipinya, kita turut menjaga kelestarian kuliner tradisional, lho. Dari 15 makanan khas Betawi di atas, mana yang sangat kalian suka?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *