Pesona Danau Kaolin Belitung, Pertambangan Kaolin yang Ditinggalkan dan Alam Menyempurnakan Keindahannya

Wisata —Rabu, 27 Oct 2021 17:04
    Bagikan  
Pesona Danau Kaolin Belitung, Pertambangan Kaolin yang Ditinggalkan dan Alam Menyempurnakan Keindahannya
Danau Kaolin | Pinterest

BELITUNG, JALANJALANAJA- Danau Kaolin adalah sebuah danau yang memiliki warna daratan yang putih bersih dan air yang berwarna biru menyala. Danau ini bukan berasal dari kawah gunung seperti Danau Kawah Putih Ciwidey atau Kawah Putih Tinggi Raja, danau terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan dan alam menyempurnakan dengan keindahannya.

Sedikit pengetahuan tentang Kaolin. Kaolin adalah suatu mineral sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas, makanan, pasta gigi dan Kaolin digemari karena sifatnya yang halus, putih, kuat, halus serta daya hantarlistrik dan daya hantar panas yang rendah.

Lokasi danau ini masih terbilang dekat dengan pusat Kota Tanjungpandan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke Danau Kaolin. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena minimnya angkutan umum. Sesuai namanya, Danau Kaolin merupakan danau yang terbentuk di area-area bekas penambangan kaolin atau clay yang menjadi salah satu kekayaan tambang Belitung.

Baca juga: Destinasi Wisata Pantai Ngurtafur Maluku: Surga Ujung Samudra

Sejak 1851 penambangan timah di Belitung dimulai oleh John Francis Loudon, di mana dengan seiring berjalannya waktu penambangan lain pun dilakukan yakni kaolin.

Pemandangan yang begitu mempesona sepanjang mata melihat. Timbunan-timbunan galian seperti bukit disekitar area danau yang sekilas seperti Gunung Bromo mini tetapi berwarna putih. Daratan bawah danau yang tertutup oleh air seperti lekukan seekor binatang yang sedang melintas, apabila air sedang surut daratan tersebut akan kelihatan seperti gula putih yang bersih. Ditengah danau nampak sebuah daratan yang seakan menghubungan antar ujung danau.

Di danau ini tidak ada bau belerang karena danau ini tidak terbentuk dari sebuah kawah menjadikan Anda betah untuk berlama-lama di danau ini. Untuk airnya pun tergolong aman, karena air disini tidaklah panas.

Baca juga: Destinasi Keindahan Taman Bunga Nusantara: Taman Tematik yang Mempesona

Terbukti masih banyak aktifitas warga dan anak-anak yang sedang menggunakan air danau atau mandi di danau. Kondisi ini menjadikan wisatawan yang berkunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan saja, tetapi juga bisa bermain ataupun berenang menikmati segarnya air Danau Kaolin. Sebagian besar warga mengatakan dengan air di Danau kaolin ini kulit jadi lebih halus dan lembut.

Bagi Anda yang hobi akan photography disini adalah tempat yang paling cocok untuk mencari obyek-obyek shoot. Perpaduan warna biru airnya dan dinding-dinding batu yang berwarna putih seperti salju menjadi perpaduan warna yang sangat menakjubkan.

Di Danau Kaolin sering dipergunakan sebagai tempat prewed bagi pasangan muda yang akan menjalani pernikahanya. Untuk berkunjung ke danau ini akan lebih nyaman apabila waktu pagi hari ataupun sore hari, karena siang hari akan panas dan jarangnya pepohonan lebat.

Baca juga: Wisata Andalan Gunung Bromo: Sejarah, Adat, dan Pesona Alam yang Indah

Pinterest

Danau Kaolin Belitung wajib di kunjungi untuk anda pecinta fotografi, apalagi Danau Kaolin Belitung ini akan sangat cantik bila di kombinasikan dengan keindahan matahari terbit.

Karena Danau Kaolin ini belum dikelola sebagai tempat wisata, maka tidak ada retribusi yang harus dibayar untuk masuk ke kawasan Danau Kaolin ini. Hal ini juga membuat di Danau Kaolin ini tidak terdapat fasilitas umum. -23

Baca juga: Destinasi Wisata Pantai Tanjung Tinggi Belitung, Pantai Estetis dengan Batu Granit Raksasa

Editor: RAP
    Bagikan  

Berita Terkait