Destinasi Wisata Pantai Tanjung Tinggi Belitung, Pantai Estetis dengan Batu Granit Raksasa

Wisata —Rabu, 27 Oct 2021 15:55
    Bagikan  
Destinasi Wisata Pantai Tanjung Tinggi Belitung, Pantai Estetis dengan Batu Granit Raksasa
Pantai Tanjung Tinggi | Pinterest

BELITUNG, JALANJALANAJA- Tanjung tinggi adalah pantai yang diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Nama tanjung tinggi diambil dari kata tanjung yang artinya semenanjung dan tinggi yang artinya pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi. Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu tempat wisata di pulau Belitung.

Pantai Tanjung Tinggi di Belitung, menjadi terkenal semenjak dijadikan tempat syuting film Laskar Pelangi. Pantai estetis yang menarik dengan banyaknya batu-batu granit raksasa ini membuat tidak sedikit wisatawan penasaran dan hendak berkunjung.

Di samping Film familiar Laskar Pelangi, film Sang Pemimpi pun menjadikan pantai ini sebagai di antara tempat syuting. Selain keelokan pantainya, pesona dari Pantai Tanjung Tinggi sebetulnya ada pada hamparan batu-batu granit. Batu-batu granit raksasa yang ada di dekat pantai demikian unik. Batuan ini tepatnya sedang di sebelah unsur timur pantai.

Batu-batu itu mempunyai ukuran yang berbagai ragam, terdapat yang paling besar dan relatif kecil. Bagi pengunjung yang kegemaran fotografi, dapat mengambil objek batu-batu itu sebagai objek foto. Atau dapat juga memfoto model, dengan latar belakang Pantai dan matahari terbenam.

Pinterest

Baca juga: 5 Recommended snorkeling spots in Bali Indonesia

Lokasi Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Pantai ini terletak di sebelah utara pulau Belitung, jaraknya 37 km dari pusat kota Tanjungpandan.Rute Menuju Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Tinggi terletak di Belitung Barat. Dari bandara H.A.S. Hanandjoeddin memerlukan waktu 1 jam perjalanan.

Akses dan Rute Pantai Tanjung Tinggi

Disarankan bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi, sebaiknya Anda menggunakan mobil pribadi atau agen tur. Mengingat transportasi umum untuk menuju pantai ini sangat sulit.

Satu-satunya rute untuk menuju ke lokasi tersebut adalah melalui pelabuhan Tanjung Pandan sehingga Anda harus menaiki kendaraan kapal terlebih dahulu untuk sampai ke dermaga.

Jarak antara pantai dengan Kota Tanjung Pandan kurang lebih 29km dan bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan darat.

Sesampainya di pelabuhan, rute selanjutnya adalah menuju ke pertigaan Tanjung Binga dimana Anda bisa menggunakan sarana transportasi angkot.

Terakhir, jika sudah sampai di pertigaan, carilah ojek atau angkutan umum yang menuju ke arah wisata pantai di Bangka Belitung tersebut.

Rute yang telah disebutkan di atas merupakan akses jalanan kota yang tidak terlalu ramai kendaraan sehingga tidak perlu takut terjebak kemacetan.

Sebelum sampai ke tempat tujuan, sambil menyelam minum air, tak ada salahnya untuk mampir sejenak ke Danau Kaolin yang letaknya tidak jauh dari Jl. Tanjung Pandan.

Baca juga: Destinasi Wisata Pantai Ngurtafur Maluku: Surga Ujung Samudra

Harga Tiket Pantai Tanjung Tinggi

Biaya tiket masuk pantai tanjung tinggi adalah free alias gratis, namun pengunjung tetap diwajibkan untuk membayar retribusi parkir yang dikelola oleh pemuda sekitar.

Lebih lengkapnya, berikut rincian HTM dan parkir kendaraan:

  • Biaya parkir Kendaraan roda dua Rp5.000,-
  • Kendaraan roda empat Rp10.000,-

Jam Buka Pantai Tanjung Tinggi

Jam operasional Pantai Tanjung Tinggi dibuka setiap hari selama 24 jam nonstop.

Fasilitas Pantai Tanjung Tinggi

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Tanjung Tinggi dibilang sudah lengkap, hal tersebut ditandai dengan adanya:

Fasilitas dan Akomodasi di Pantai Tanjung Tinggi relatif lengkap. Terdapat warung makan, toilet umum, serta sarana dan prasarana seperti persewaan jetski dan kano. 

  • Area untuk menyimpan kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Kamar mandi umum
  • Penginapan atau Hotel
  • Wahana permainan air

Baca juga: Destinasi Keindahan Taman Bunga Nusantara: Taman Tematik yang Mempesona

Pinterest

Penginapan Sekitar Pantai Tanjung Tinggi

Banyaknya penginapan atau hotel di sekitar Pantai Tanjung Tinggi membuat wisatawan yang datang dari luar daerah bahkan luar negeri merasa terbantu, sehingga kamu ngga perlu repot-repot mencari tempat untuk menginap.

Beberapa penginapan yang ada di sekitar Pantai Tanjung Tinggi, diantaranya:

  • Tanjung Tinggi Cottage,
  • Lorin Belitung Hotel,
  • Pelangi Lake Resort & Hotel Belitung,
  • Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung,
  • OYO 1851 Homestay Joss, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penginapan tersebut mulai dari Rp. 200.000an hingga Rp. 500.000an per malamnya dengan fasilitas yang sangat lengkap dan jarak maksimal 4 km dari Pantai Tanjung Tinggi. -23

Baca juga: Pesona Pulau Weh Sabang: Surga Bawah Laut Sumatra

Editor: RAP
    Bagikan  

Berita Terkait