Destinasi Keindahan Taman Bunga Nusantara: Taman Tematik yang Mempesona

Wisata —Senin, 11 Oct 2021 14:48
    Bagikan  
Destinasi Keindahan Taman Bunga Nusantara: Taman Tematik yang Mempesona
Taman Labirin (Taman Bunga Nusantara) | Pinterest

CIANJUR, JALANJALANAJA- Taman Bunga Nusantara adalah sebuah taman bunga seluas 35 hektare yang terletak dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor dengan jarak tempuh sekitar 2,5 - 3 jam perjalanan dari Jakarta, tepatnya berada di antara dua desa yaitu, Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur dengan Sukawangi, Sukamakmur, Jonggol.

Taman Bunga Nusantara didirikan atas prakarsa Ibu Dani Bustanil Arifin tahun 1992. Pada saat itu beliau menjadi ketua Yayasan Bunga Nusantara, sehingga membangun taman ini menjadi lokasi wisata. Sekarang lokasi ini menjadi salah satu wisata favorit terutama wilayah DKI Jakarta.

Taman bunga nusantara memiliki taman-taman tematik yang mempesona, diantara nya adalah taman air, taman mawar, taman perancis, taman rahasia atau labirin, taman bali, taman mediterania, taman palem, taman gaya jepang dan lain - lain. Taman bunga nusantara juga dilengkapi dengan kolam - kolam buatan yang cantik dan menara pandang 3 lantai dengan ketinggian 29 meter sebagai tempat melihat keindahan taman bunga nusantara secara menyeluruh.

Karena tempat ini tidak terlalau jauh dari kebun teh Bogor, banyak yang mengira tempat ini masih menjadi bagian dari wisata Bogor. Namun sebenarnya wisata ini terletak di wilayah kabupaten Cianjur.Tempatnya sendiri tidak jauh dari wisata puncak Bogor lainnya. Jika dari Puncak Pass dan Melrimba M Garden jaraknya sekitar 14 Km, dapat ditempuh sekitar 40 menit menggunakan mobil.

Instagram

Baca juga: Keindahan Alam Wisata Telaga Remis: Daya Tarik, Sejarah, Fasilitas, dan Harga Tiket

Rute Taman Bunga Nusantara

Jika kamu menggunakan kendaraan umum berikut adalah rute menuju lokasi Taman Bunga Nusantara yang bisa kamu gunakan.

Menggunakan Bus jurusan Bogor-Cianjur, atau juga bisa menggunakan Bus Bandung-Jakarta yang rutenya menuju arah puncak. Selanjutnya turrun di pertigaan Hanjawar (Taman Bunga Nusantara). Pada umumnya sopir maupun kondektur Bus sudah tahu tempat ini.
Selanjutnya dengan menaiki angkot jurusan arah Cipanas-Loji, dan turun di daerah pasar GSP.
Kemudian dari pasar GSP naik angkot jurusan Cipanas-Mariwati dan kamu dapat turun langsun di lokasi Taman Bunga Nusantara. Jika nanti kamu masih ragu-ragu jangan sungkan untuk bertanya kepada penduduk sekitar ya atau dapat menggunakan aplikasi GPS.

Pesona Taman Bunga Nusantara

Instagram

Wisata ini berada di ketinggian pegunungan yang tidak jauh dari Gunung Gede, dengan keindahan suasana yang segar dan sejuk. Dari sini kalian dapat melihat rerumputan hijau yang bikin terasa adem, serta berbagai macam rangkaian bunga yang indah, dan pilhan spot yang instagrammble.

Ada beberapa jenis taman yang disediakan di Taman Bunga Nusantara ini dan tentunnya dapat kita nikmati bersama-sama, diantaranya:

1. Taman Perancis

Instagram

Taman Perancis merupakan taman yang mengedepankan kerapian, keserasihan serta keseimbangan bentuk. Desain taman ini adalah desain pada masa Renissance dengan bentuk geometrisnya, yang dibingkai dengan kerapian bunga warna-warninya.

Tanaman ini diciptakan sebagai bentuk penguasaan manusia terhadap kecantikan alam. Keindahan Taman Perancis dapat kalian nikmati baik dari dekat maupun dari kejauahan. Untuk menikmati pemandangan kalian bisa melihatnya dari atas menara pandang.

2. Taman Air

Sesuai dengan namanya, taman ini berisikan berbagai macam tumbuhan yang di datangkan langsung dari berbagai negara. Tumbuhan air ini memiliki berbagai warna dan bentuk yang sangat indah lho. Ada juga patung dinosaurus terletak di dekat taman.

Di area Taman Air terdapat tumbuhan berupa Cybera Papyrus yang biasa di gunakan oleh Kaum Mesir kuno dalam pembuatan kertas. Selain itu juga ada tanaman Talia Delbata dari Amerika serikat, Lotus dan juga bunga teratai raksasa yang bentuknya seperti nampan besar.

Baca juga: Destinasi Tana Toraja dan Rekomendasi Tempat Wisata yang Menakjubkan

3. Taman Mawar

Instagram

Karena keindahan bunganya tanaman bunga mawar dikenal sebagai bunga dari segala bunga. Disinilah kamu dapat menemukan taman khusus untuk berbagai jenis bunga mawar. Pemeliharaan bunga disini melalui perlakuan yang khusus, baik penyiraman maupun pupuknya, tentunya untuk hasil bunga yang indah.

4. Taman Labirin

Taman Labirin merupakan taman yang terlihat unik, karena taman ini di rancang menjadi satu labirin yang cukup besar. Jika kalian ingin mencoba masuk ke wisata ini cukup dengan membayar Rp 1000 saja. Jangan takut kesasar ya! Karena sudah tersedia peta yang dapat di gunakan ketika di dalam.

5. Taman Bali

Sesuai dengan namanya, Taman Bunga Nusantara juga memiliki wisata unik yang bangunannya mirip dengan atmosfer khas Bali. Terdapat berbagai macam bangunan khas Bali seperti halnya gapura, bale kulkul, serta bale bengong.

Berbagai jenis bunga juga ikut melengkapi seperti bunga kamboja, bunga sepatu, berbagai jenis helikonia dan tumbuhan tropis jenis lainnya. Jadi kalian tidak perlu jauh-jauh ke Bali karena disini kalian dapat menikmati suasana khas Bali.

6. Taman Palem

Di taman ini terdapat banyak jenis lebih dari 100 jenis palem yang di tanam dengan rapi. Mendengar kata pohon palem saja terbayang panas dan terasa gersang ya? Disini beda. Karena disini ditanam dengan rapi dan terlihat indah. Beragam jenis palem diantaranya palem kipas meksiko, palem botol, palem royal palm serta ada juga palem dari madagaskar.

7. Taman Jepang

Keistimewaan dari wisata Taman Jepang ini adalah kalian tidak perlu jauh-jauh ke jepang, karena lokasi ini menawarkan suasana khas jepang dengan taman yang sederhana dan rapi. Unsur utama dari jepang adalah dari kayu, batu-batuan, kesederhanaan desain namun terlihat rapi, kolam, gerakan air dan kesunyian.

Baca juga: Wisata Taman Nasional Wakatobi: 5 Tempat Wisata Wakatobi yang Indah dan Wajib Dikunjungi

8. Green House

Green House atau bisa disebut rumah kaca, di Green House kalian dapat menemukan berbagai jenis bunga yang memerlukan perlakuan khusus. Bunga jenis ini memang jenis bunga yang tidak cocok dengan cuaca di negara kita.

9. Menara Pandang

Salah satu icon wisata disini adalah Menara Pandang. Dari ketinggian menara 4 tingkat ini kalian dapat bebas menikmati seluruh keindahan pemandangan sekitar Taman Bunga Nusantara Bogor. Jika kalian berkunjung ke Bogor sempatkan waktu untuk berkunjung dengan spot yang sangat sayang jika dilewatkan.

10. Wahana Alam Imajinasi

Wahana yang satu ini memiliki berbagai wahana baru seperti ATV, tempat bermain anak dan lain-lain. Sangat cocok untuk dijadikan menu pilihan akhir pekan bersama keluarga dan si kecil. Fasilitas yang menarik tentunya membuat kalian semakin betah di Wahana Alam Imajinasi, bermain sambil belajar. Yuk kesini ajak keluargamu!

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

  • Tiket masuk Rp 40.000
  • Datto Train Rp 50.000
  • Garden Tram Rp 50.000
  • Rumah Kaca Rp 5000
  • Wira-Wiri Rp 5000
  • Maze Garden Rp 1000
  • Parkir motor Rp 10.000
  • Parkir mobil Rp 15.000
  • Parkir minibus Rp 20.000
  • Parkir bus Rp 25.000

Baca juga: Pesona Indonesia: Keindahan Green Canyon Pangandaran yang Memanjakan Mata dan Pikiran

Fasilitas yang Tersedia

Taman bunga ini dikelola dengan sangat baik dan memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan. Diantaranya:

  • Dotta Train / Kereta Dotta. Yaitu berupa miniatur kereta yang mengitari di area sekitar taman bunga. Kalian dapat menaiki wahana ini dengan tiket masuk Rp 50.000. Wahana ini hanya beroprasi pada weekend dan hari libur saja.
  • Garden Tram. Wahana ini mirip dengan Dotta Train hanya saja bentuknya tram. Beroprasi setiap hari dengan harga tiket Rp 50.000.
  • Mobil Wira-wiri. Wahana ini mengitari area taman bunga, disertai dengan panduan informasi taman berupa rekaman suara, harga tiket Rp 4000.
  • Poliklinik /ruang P3K yang terdapat di dalam gedung Taman Bunga Nusantara.
  • Nany’s Galleria. Yaitu area untuk oleh-oleh cinderamata.
  • Bursa bunga yaitu tempat untuk membeli bunga dan tanaman yang ada disini.
  • Lokasi piknik. Terdapat 8 lokasi piknik yang dapat digunukan oleh rombongan.
  • Gazebo istirahat yag tersebar di berbagai titik area taman bunga.

Hotel dekat Taman Bunga Nusantara yaitu kalian dapat menginap di wisma dan camping ground saung yang berada di area taman bunga. Ditempat ini terdapat kamar bisnis dan standar, tarifnya mulai dari Rp 325.000 sampai dengan Rp 400.000/ malamnya.

Editor: RAP
    Bagikan  

Berita Terkait