Keindahan Alam Wisata Telaga Remis: Daya Tarik, Sejarah, Fasilitas, dan Harga Tiket

Wisata —Senin, 11 Oct 2021 14:14
    Bagikan  
Keindahan Alam Wisata Telaga Remis: Daya Tarik, Sejarah, Fasilitas, dan Harga Tiket
Telaga Remis | Pinterest

KUNINGAN, JALANJALANAJA- Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang memiliki banyak potensi wisata. Kota-kotanya pun menyimpan banyak objek wisata alam. Salah satunya adalah Kota Kuningan yang memiliki objek wisata Telaga Remis.

Suasana sejuk nan permai dengan pemandangan pepohonan pinus hijau menjadi sajian yang tersaji di sebuah danau kawasan Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Adalah Telaga Remis, danau yang menawarkan suasana ketenangan berbalut dengan keindahan yang alami.

Telaga Remis merupakan sebuah danau yang dijadikan sebagai tempat wisata. Objek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang memimpikan lokasi liburan yang tenang dan didukung dengan keadaan alam yang masih asri.

Nama Telaga Remis berasal dari sejenis kerang berwarna kekuningan. Biasanya penduduk sekitar menyebutnya nama remis. Sampai sekarang kerang tersebut banyak hidup di danau ini dan ditangkap warga untuk konsumsi sehari-hari maupun dijual

Lokasi di kawasan wisata ini juga ditumbuhi oleh rimbunnya pohon pinus. Jangan heran jika suhu udara di tempat ini akan terasa dingin seperti di pegunungan. Luas telaga Remis sendiri memiliki luas 3 hektar namun untuk keseluruhan wilayah wisatanya adalah 13.2 hektar.

Baca juga: Destinasi Tana Toraja dan Rekomendasi Tempat Wisata yang Menakjubkan

Sejarah Telaga Remis

Apakah anda penasaran dengan nama Remis? Remis merupakan sebuah hewan seperti kerang kuning yang hidup disekitar telaga. Maka dari itu masyarakat sekitar menyebut tempat ini sebagai Telaga Remis jika dari bahasa sunda, remis juga memiliki arti embun. Ada versi lain yang menceritakan tentang asal mula terbentuknya Telaga Remis ini.

Terdapat legenda dan mitos yang sudah terkenal di kalangan masyarakat tentang Telaga Remis. Legenda ini diceritakan secara turun menurun secara lisan dari generasi ke generasi berikutnya. Cerita ini sangat populer sehingga menjadi daya tarik juga bagi pengunjung yang ingin datang ke Telaga Remis.

Cerita bermula pada jaman kerajaan padjajaran yang saat itu dipimpin oleh Prabu Siliwangi. Prabu Siliwangi melakukan perjalanan jauh dan akhirnya singgah di tempat tandus untuk melakukan semedi. Karena sangat tandus, air disana hampir tidak ada.

Akhirnya Prabu Siliwangi memutuskan untuk mengumpulkan air embun dengan daun pisang saat sedang bersemedi. Air terkumpul lumayan banyak dan diminum olehnya kemudian sisanya dibuang begitu saja di tempat tandus tersebut.

Sambil membuang air, Prabu Siliwangi berkata bahwa air embun ini telah menolongnya dan kelak akan menjadi telaga yang bermanfat bagi masyarakat penduduk sini. Dari bahasa sunda, remis juga memiliki arti embun. Ada versi lain yang menceritakan tentang asal mula terbentuknya Telaga Remis ini.

Baca juga: Wisata Taman Nasional Wakatobi: 5 Tempat Wisata Wakatobi yang Indah dan Wajib Dikunjungi

Fasilitas Yang Tersedia Di Telaga Remis

Selain bersantai menikmati pemandangan alam anda juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Pengelola telah menyiapkan berbagai macam fasilitas. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah:

  • Sepeda Air

Bagi anda yang meginginkan cara lain untuk menikmati keindahan telaga anda bisa menggunakan sepeda air. Anda bisa berkeliling menggunakan sepeda air. Biasanya sepeda air ini dapat digunakan oleh dua orang. Dengan menaiki sepeda air anda bisa merasakan sensasi berkeliling diatas air.

  • Memancing

Bagi traveller yang hobi memancing anda bisa memancing di telaga ini. Telaga Remis banyak dihuni oleh berbagai macam ikan. Selain itu anda pun bisa membawa pulang hasil pancingan anda sebagai buah tangan.

  • Jalur Pejalan Kaki

Bagi traveller yang hobi berjalan kaki anda bisa mengelilingi keseluruhan tempat wisata ini dengan berjalan kaki. Terdapat jalan setapak yang digunakan khusus untuk memutari telaga.

Baca juga: Pesona Pantai Dreamland Pecatu Bali,Rute, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket

Harga Tiket dan Jam Buka Telaga Remis

Seperti kebanyak wisata alam harga tiket masuk Telaga Remis cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 7.500,00. Selain itu anda harus membayar tiket parkir sebesar Rp 1.000,00 untuk sepeda motor. Jika anda menaiki mobil anda bisa membayar parkir sebesar Rp 2.500,00 dan untuk bus biaya parkir sebesar Rp 5.000,00. Jam Buka 08:00 – 17:25 WIB.

Baca juga: UEFA Nations League: Spanyol 1-2 Prancis, Gol Kylian Mbappe Membawa Prancis Meraih Trofi Nations League

Editor: RAP
    Bagikan  

Berita Terkait