Destinasi Wisata Pantai Ngurtafur Maluku: Surga Ujung Samudra

Wisata —Sabtu, 9 Oct 2021 12:25
    Bagikan  
Destinasi Wisata Pantai Ngurtafur Maluku: Surga Ujung Samudra
Pantai Ngurtafur | dispar.malukuprov.go.id

MALUKU, JALANJALANAJA- Pantai Ngurtafur Maluku adalah destinasi wisata alam yang terletak di palau Waha, wilayah ohoi warbal. Pasir putih pantai yang menjorok ke laut sepanjang 2000 meter dengan dikelilingi pulau–palau kecil lainya yang menjadikan pantai yang indah menjadi tujuan wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jarak Waktu yang ditempuh ± 45 menit dengan speedboat.

Maluku merupakan provinsi yang menawarkan banyak sekali keindahan alamnya. Salah satunya adalah Pantai Ngurtafur.

Pantai yang terdapat di Pulau Waha tepatnya di depan Pulau Warbal ini memiliki sebuah pesona alam yang sangat indah dan menakjubkan, Pantai Ngurtafur sejatinya belum banyak terjamah wisatawan karenanya pemandangannya sangat eksotis dan sangat terjaga.

Bukan cuma keindahannya, pantai ini mempunyai keunikan berupa hamparan pasir yang menjorok atau memanjang ke tengah lautan tanpa putus sepanjang 2,5 km dan lebar 7 meter. Anda dapat berjalan kaki ke tempat ini saat air surut atau naik perahu jika air pasang. Ketika berada di pantai ini, anda serasa sedang berjalan di tengah lautan luas namun sesungguhnya anda sedang berjalan di atas hamparan pasir putih halus yang membelah pantai menjadi dua sisi.

dispar.malukuprov.go.id

Baca juga: Destinasi Wisata Gunung Kelimutu Pulau Flores! Danau Tiga Warna yang Mempesona

Di pantai ini anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti berenang dan snorkeling. Penasaran dengan Pesona Ngurtafur, waktu yang sangat cocok untuk anda kunjungi yaitu pada bulan April-Mei dan Oktober-Desember.

Hal lain yang menarik daridi pantai Ngurtafur ini kita bisa menyaksikan dari kejauhan tampak kerumunan burung - burung berparuh kuning semu sedang berkumpul. Rupanya, burung pelikan (Pelecanus) yang sedang bermigrasi dari Australia singgah di sini. Pemandangan semacam ini nyaris tidak bisa Anda temui di tempat lain di Indonesia.

Bahkan Anda bisa melihat terumbu karang yang ada di pantai dari atas kapal. Pemandangan bawah laut yang ditawarkan oleh Pantai Ngurtafur sendiri sangatlah indah. Sehingga pantai ini juga cocok untuk berenang maupun snorkeling.

Penyu belimbing atau yang yang lebih dikenal dengan nama “Tabob” oleh masyarakat setempat juga terdapat di pantai ini. Penyu belimbing sendiri merupakan jenis penyu yang langka dan dilindungi. Keberadaannya di kawasan pantai ini dilindungi serta memiliki sebuah penangkaran yang dikelola oleh World Wide Fund for Nature (WWF).

Baca juga: Pesona Goa Gong Pacitan: Stalaktit dan Stalakmit Terindah se Asia! Rute, Lokasi, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket

Konon katanya di pantai ini ada Penyu Belimbing yang memiliki ukuran sebesar sedan dan mempunyai bobot sebesar 1 ton. Adalah hal yang langka jika kita menemukannya karena hewan ini sulit sekali untuk ditemukan. Bahkan ada ritual khusus untuk memanggil Penyu Belimbing yang mempunyai ukuran yang luar biasa besar.

Fasilitas Pendukung Pantai Ngurtafur:

  • Listrik
  • Air bersih
  • Jaringan komunikasi (telephon, wifi)
  • Tempat parkir
  • Tempat sampah

Selain itu pantai ini juga merupakan tempat persinggahan bagi sekumpulan burung pelikan asal Australia yang sedang migrasi. Bila beruntung Anda bisa melihatnya pada waktu tertentu. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah di bulan April hingga Mei serta antara bulan Oktober hingga Desember. Hal ini dikarenakan antara bulan tersebut cuaca tergolong cerah dan ombak yang ada di pantai juga cenderung tenang. -23


Editor: RAP
    Bagikan  

Berita Terkait