Pesona Goa Gong Pacitan: Stalaktit dan Stalakmit Terindah se Asia! Rute, Lokasi, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket

Wisata —Jumat, 8 Oct 2021 14:54
    Bagikan  
Pesona Goa Gong Pacitan: Stalaktit dan Stalakmit Terindah se Asia! Rute, Lokasi, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket
Goa Gong Pacitan | Pinterest

PACITAN, JALANJALANAJA- Goa Gong merupakan tempat wisata yang bisa anda kunjungi ketika liburan. Salah satu goa yang unik dan cantik di jawa timur ialah goa gong. Goa gong menawarkan berbagai varian keindahan, mulai dari lampu warna warni, sendang, stalaktit dan stalakmit.

Goa Gong terletak di Jl. Salam, Salam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang juga terkenal dengan julukan kota 1001 gua, dan satu yang terkenal disini adalah tempat wisata Goa Gong Pacitan.

Menelusuri keindahan alam di daerah jawa timur memang tidak ada habisnya. Di jawa timur, terdapat banyak sekali wisata alam yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau kerabat anda. Diantaranya adalah Taman Nasional Baluran, Batu Night Carnival, Green Bay atau Teluk Hijau, Wisata Petik Apel di Malang dan lain sebagainnya.

Instagram

Baca juga: Destinasi Tana Toraja dan Rekomendasi Tempat Wisata yang Menakjubkan

Pacitan merupakan wilayah di Jawa Timur yang dikelilingi oleh pegunungan kapur, yang menjadikan tanah di daerah ini kering dan tidak subur. Tanah di permukaan Pacitan memang gersang dan memiliki sedikit unsur hara, namun anugerah Yang Maha Kuasa ternyata bukan terletak di atas permukaan, namun di bawah permukaan tanahnya.

Menurut cerita dari warga sekitar, Goa Gong ditemukan sekitar tahun 1930an. Akibat musim kemarau berkepanjangan, yang dimana Pacitan mengalami kekeringan dan sangat sulit untuk memperoleh air.

Nama Goa Gong sendiri diambil dari misteri yang dahulu sempat menyelimuti dan menghantui masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar gua mengungkapkan bahwa di malam hari mereka sering mendengar suara tabuhan menyerupai suara gong (salah satu alat musik gamelan) yang berasal dari dalam gua.

Ada juga yang mengatakan bahwa di salah satu ruangan gua terdapat batu yang apabila ditabuh akan mengeluarkan bunyi yang menggema seperti bunyi gong.

Tetapi secara ilmiah, suara yang muncul itu ternyata dapat dijelaskan. Suara yang terdengar menyerupai bunyi gong tersebut dihasilkan dari tetesan air yang menimpa Stalaktit atau stalakmit di gua tersebut, ditambah dengan gema yang dipantulkan oleh formasi batuan di dalam gua sebenarnya bunyi yang dihasilkan cukup apik untuk dinikmati.

Baca juga: Wisata Taman Nasional Wakatobi: 5 Tempat Wisata Wakatobi yang Indah dan Wajib Dikunjungi

Lokasi dan Rute Goa Gong

Akses menuju goa gong sendiri juga terbilang sangat mudah. Dari kabupaten Pacitan, anda menuju ke arah barat dengan menggunakan jalan arteri Jl. Nasional III. Ikutilah jalan tersebut hingga menemui daerah Poenoeng. Kemudian setelah itu, belok ke kiri atau ke arah selatan di jalan Punung - Goa Gong. Ikutilah jalan tersebut hingga sekitar 6.4 KM. Setelah itu, anda akan menemui Goa Gong.

Daya Tarik Goa Gong

  • Batuan yang Berbunyi Sendiri secara Mistis

Mungkin diantara anda ada yang masih bingung apa yang dimaksud dengan batuan yang berbunyi sendiri. Maksudnya adalah banyak sekali orang yang sering mendengar ada suara gong di dalam goa ini. Gong sendiri ialah alat musik dari daerah jawa. Karena keunikan inilah, maka goa ini diberi nama Goa Gong.

Memang fenomena ini masih menjadi misteri dikalangan sebagian orang. Setelah ditelusuri lebih lanjut oleh pak Wakino dan para rekannya, mereka beranggapan jika goa ini akan menjadi potensi wisata yang sangat baik. Hal ini dikarenakan goa gong memiliki pemandangan yang sangat eksotis dengan jajaran stalagtit dan stalagmitnya.

  • Perpaduan Warna Cahaya di Goa yang Menarik

Instagram

Daya tarik lainnya yang bisa anda temukan di goa gong ialah penempatan lampu warna warninya yang sangat menarik. Lampu warna warni yang terdiri dari warna merah, hijau, orange, ungu, dan biru ternyata dapat menambah nilai estetika dari goa ini. Saking indahnya, bisa bisa anda beranggapan jika warna warna tersebut terkesan asli, padahal itu adalah warna dari cahaya lampu. Warna yang menarik dan lengkap inilah yang dapat dijadikan sebagai spot foto.

Baca juga: Wisata Ke Pulau Komodo yang Merupakan Tujuh Keajaiban Dunia

Formasi Stalaktit dan Stalakmit

Pinterest

Stalaktit dan stalakmit terbentuk karena endapan pada air yang menetes di goa. Nah di goa gong ini memiliki banyak sekali stalaktit dan stalakmit. Dan pemerintah sendiri berupaya untuk menjaga kemurnian stalaktit dan stalakmitnya dengan cara memberikan pagar di samping sampingnya. Paduan antara berbagai lampu warna yang menyoroti stalaktit dan stalakmit memberikan nilai tambah sendiri untuk keindahan goa.

Fasilitas Goa Gong

  • Warung makan dan minuman
  • Toko souvenir
  • Penginapan hotel maupun Homstay
  • Sendang air
  • Lampu penunjuk jalan
  • WC
  • Kamar mandi
  • Masjid
  • Pemandu wisata goa
  • Penyewaan senter

Semua fasilitas tersebut bisa anda gunakan. Namun perlu diingat, ada beberapa fasilitas yang mengharuskan anda untuk mengeluarkan uang lagi. Yaitu diantaranya ialah pemandu wisata dan sewa senter. Jikalau anda perlu untuk menyewa pemandu, anda bisa menyewanya. Pemandu goa bisa memungkinkan anda untuk mempelajari tentang goa itu lebih dalam lagi.

Sedangkan untuk senter, saya rasa tidaklah terlalu dibutuhkan. Namun jika anda merasa jalan goa sudah mulai gelap, anda bisa menyewanya. Harga sewa senter pun juga cukup terjangkau, yaitu hanya Rp. 5000 saja per senter. Tapi untuk menghemat biaya, anda bisa kok menggunakan senter pribadi anda sendiri, yaitu dengan menggunakan senter hp.

Baca juga: Pesona Destinasi Wisata Raja Ampat: Surga Bawah Laut Papua Indonesia

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Goa Gong

Goa gong sendiri bisa dikunjungi mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Tidak perlu khawatir, karena goa gong sendiri buka setiap hari. Jadi jika anda tidak kebagian di hari itu, maka anda bisa mencoba di hari esok. Anda bisa berwisata ke goa gong bersama keluarga atau bahkan rombongan bis sekalipun. Harga tiketnya pun juga sangat murah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5000 untuk anak anak, Rp. 10.000 untuk dewasa di hari biasa dan Rp. 12.000 untuk dewasa di hari weekend.


Editor: RAP
    Bagikan  

Berita Terkait