Wisata Ke Pulau Komodo yang Merupakan Tujuh Keajaiban Dunia

Wisata —Kamis, 7 Oct 2021 13:28
    Bagikan  
Wisata Ke Pulau Komodo yang Merupakan Tujuh  Keajaiban Dunia
Pulau Komodo | Pinterest

SUMBAWA, JALANJALANAJA- Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini termasuk salah satu kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Taman Nasional Komodo terdiri dari 3 pulau besar, Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, dan juga pulau-pulau kecil lainnya. Luas taman nasional ini secara keseluruhan adalah 1.817Km2.

Pulau Komodo terletak di ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di pulau Komodo, hewan Komodo hidup dan berkembang biak dengan baik, menurut data, hingga pertengahan 2009, pulau ini dihuni sekitar 1300 ekor komodo (+/- 2500 ekor di semua Pulau di TM. Komodo). Komodo adalah species kadal terbesar di dunia, dengan panjang rata-rata 2-3 meter, dan berat tubuh sedikitnya 90Kg.

Di kawasan Taman Nasional Komodo, Anda juga dapat menemukan kuda, banteng liar, rusa, babi hutan jantan, ular, kera, dan berbagai jenis burung. Selain itu Taman Nasional Komodo memiliki biota bawah laut yang menakjubkan. Para penyelam mengatakan bahwa perairan Komodo adalah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

Pinterest

Baca juga: Panorama Indah Wisata Kawah Ijen: Rute dan Daya Tarik

Rute Menuju Pulau Komodo

Jika Anda berasal dari Jakarta, harus transit di Bali terlebih dahulu. Dari Bali, perjalanan diteruskan menuju Labuan Bajo, sebuah kota kecil di barat laut Flores yang merupakan gerbang untuk menuju Pulau Komodo. Ada beberapa perusahan penerbangan yang melayani rute Denpasar-Labuan Bajo, dengan waktu perjalanan sekitar setengah jam.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang datang ke objek wisata ini tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk tiket. Karena harga tiketnya sangat murah. Memang ada tambahan biaya pemandu yang wajib digunakan.

wisatawan domestik hanya membayar 5000 rupiah, sedangkan wisatawan mancanegara sebesar 150.000 rupiah

Tambahan biaya 80.000 untuk pemandu wisata Komodo, karena setiap wisatawan wajib didampingi pemandu. Hal tersebut demi keamanan dan keselamatan wisatawan.

Baca juga: Pesona Wisata Taman Nasional Bunaken: Surga Bawah Laut Sulawesi Utara

Ragam Aktivitas Wisata

Termasuk Taman Nasional Komodo, terhubung dengan Labuan Bajo melalui penerbangan dan live aboards. Kunjungan wisatawan tercatat mencapai jumlah 176.830 orang dengan 60% merupakan wisatawan mancanegara.

Aktivitas wisata yang utama yaitu melihat secara langsung Komodo langsung secara fisik. Kura-kura laut dalam jumlah besar, terumbu karang yang berwarna-warni juga makin menyemarakkan kekayaan alamnya. Wisatawan juga dapat menikmati pantai, diving, snorkeling, maupun mendaki bukit dengan pemandangan menakjubkan.

  • Tur Perahu ke Pulau Komodo

Labuhan Bajo merupakan dermaga awal menuju Pulau Komodo dan rangkaian gugusan pulau di sekitarnya. Di dermaga ini terdapat banyak speed boat dengan jenis perahu dan harga bervariatif. Jarak tempuh dari Labuan Bajo menuju Taman Nasional Komodo sekitar 3 jam menggunakan kapal laut.

Baca juga: Pesona Pantai Dreamland Pecatu Bali,Rute, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket

  • Tur Wisata Alam dan Melihat Komodo secara Langsung

Aktivitas utama di objek wisata ini tentu saja melihat fisik Komodo, satwa purba kebanggaan Indonesia. Mendapat suguhan utuh tentang Komodo, wisatawan dapat memahami segala aktivitas hidupnya. Berinteraksi dengan satwa berkulit keras dan cakar tajam ini, wisatawan harus didampingi ranger.

Wisatawan juga dapat berpose dengan kadal raksasa ini dengan bantuan ranger yang membuatnya terlihat dekat. Berada di Taman Nasional Komodo, pendiriannya bertujuan melindungi Komodo dan flora sekitarnya dari kepunahan. Populasi Komodo (varanus komodoensis) tercatat mencapai 3.012 ekor dan stabil dari ancaman kepunahan.

Tempat lain, Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Gili Montang, dan Pulau Nusa Kode adalah lokasi yang menjadi tempat tinggal para satwa langka ini. Berada di Pulau Rinca, wisatawan dapat mengunjungi Loh Liang dengan 2.000 ekor Komodo yang dilepas bebas. Jika beruntung, wisatawan dapat melihat secara langsung pertarungan Komodo jantan yang memperebutkan Komodo betina.

Baca juga: Pesona Pulau Weh Sabang: Surga Bawah Laut Sumatra

  • Menikmati Panorama Pantai

Pinterest

Selain satwa langkanya, di sini memiliki daya tarik dari eksotisme panorama alam di sekitarnya. Pulau-pulau kecil di dekatnya memiliki air laut berwarna biru jernih dan masih bersih.

Sebelum menjumpai langsung reptil raksasa, Komodo, wisatawan harus treking mencapai habitatnya. Selama perjalanan, wisatawan akan mendapat suguhan lanskap yang sangat indah.

Diving dan Snorkeling Di Pulau Komodo

Dari 137 ribu hektare Kawasan Taman Nasional Komodo, 60 persennya adalah perairan. Perairan Taman Nasional Komodo juga terkenal akan keindahan terumbu karang, ikan-ikan, dan airnya yang jernih kebiruan. Karang-karang tersaji memukau beragam bentuk, mulai berwujud jamur, berbalut lapisan ungu, serta yang melambai-lambai.

Bagi pecinta olahraga air, lokasi ini adalah surga scuba diving yang sangat mempesona. Di sejumlah titik, keindahan alam bawah lautnya bahkan disejajarkan dengan spot terkenal dunia. Seperti Great Barrier Reef di Australia, hingga Reserve System Belize dan Galapagos di Ekuador.

Snorkeling maupun diving dapat dilakukan di Manta Point untuk berenang bersama ikan Manta. Wisatawan juga dapat berenang bersama kura-kura dan hiu dengan menyelam di Batu Samsia. Atau menyelam di Crystal Rock bersama Ikan Barramundi, Parrotfish dan berbagai ikan khas Komodo.

Baca juga: Jalan Braga, Jalan-Jalan Dengan Nuansa Eropa di Bandung

Fasilitas Di Pulau Komodo

Pulau Komodo memiliki sejumlah fasilitas cukup memadai, mulai dari shelter, hingga stand makanan. Pembangunan dermaga, penataan jalan, MCK, dan beberapa papan informasi dibenahi untuk penunjang wisata. Bagi wisatawan yang ingin berwisata kuliner, dapat mengunjungi Kampung Ujung yang menyajikan menu-menu seafood.

Berada di Taman Nasional Komodo, beberapa peraturan harus dipatuhi wisatawan. Seperti dilarang menyalakan api,dilarang menyentuh satwa, dilarang membawa botol air minum sekali pakai dan styrofoam. Wisatawan juga dilarang mengambil apa pun dari kawasan Taman Nasional.

Taman Nasional Komodo juga menata sistem pengelolaan meliputi wisatawan, pusat inforamsi, dan ekosistem savana. Selain itu dilakukan juga pengetatan pengamanan serta kontrol terhadap aktivitas snorkeling dan diving.

Lokasi Pulau Komodo

Pulau wisata satwa purba ini terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bagi pengunjung luar daerah bisa mengambil penerbangan ke Labuan Bajo terlebih dahulu. Setelah itu melanjutkan dengan tur laut ke Pulau Komodo.

Editor: RAP
    Bagikan  

Berita Terkait