Pesona Wisata Taman Nasional Bunaken: Surga Bawah Laut Sulawesi Utara

Wisata —Rabu, 6 Oct 2021 18:42
    Bagikan  
Pesona Wisata Taman Nasional Bunaken: Surga Bawah Laut Sulawesi Utara
Taman Nasional Bunaken | Pinterest

BUNAKEN, JALANJALANAJA- Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang yang menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil, dan mamalia laut.

Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut, terumbu karang, dan ekosistem pantai. Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya. Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini.

Spesies alga yang dapat ditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa, Halimeda, dan Padina, sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides, dan Thalassaodendron ciliatum. Taman Nasional Bunaken juga memiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove. Sekitar 90 spesies ikan tinggal di perairan wilayah ini.

Pinterest

Baca juga: Pesona Destinasi Wisata Raja Ampat: Surga Bawah Laut Papua Indonesia

Alamat Dan Rute Lokasi

Taman Nasional ini berada di daerah Manado. Jadi, sobat native yang ingin mengunjungi kawasan ini bisa naik pesawat menuju ke kota manado terlebih dahulu. Kemudian, dari Bandara Internasional Sam Ratulangi perjalanan dilanjutkan menuju ke Kota Manado dengan menggunakan taksi sebagai angkutan paling cepat dan nyaman.

Dari Manado sobat native akan diarahkan menuju ke pelabuhan Marina Blue Banter. Kemudian, memggunakan kapal menuju ke Pulau Bunaken yang akan memakan waktu kurang lebih 20 menit. Setelah itu, sobat native bisa bersenang-senang di kawasan ini.

Taman Laut Bunaken ini memiliki keanekaragaman hayati yang tertinggi di dunia. Mengitari perairan Bunaken dengan perahu motor seraya melihat dasat laut yang tampak jelas sungguh merupakan pengalaman yang sangat menakjubkan.

Dengan perahu motor ini kita bisa berkeliling pulau dan mengunjungi beberapa pulau lainnya. Taman Laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. 12 titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

Baca juga: Pesona Nusa Perida: Rute, Tips Wisata, Daya Tarik, dan Fasilitas

Spot Diving Taman Laut Bunaken

Di taman laut Bunaken ada 40 lokasi penyelaman yang kaya akan aneka terumbu karang dan ikan laut tropis yang indah. Wisatawan yang melakukan diving di wilayah taman laut Bunaken bisa menikmati pemandangan 150 spesies ikan dari sekitar 58 genus ikan dan terumbu karang.

Kamu juga bisa melihat spesies alga seperti Caulerpa, Halimeda dan Padina, serta spesies rumput laut seperti Enhallus acoroides, Thalassia hemprichii, dan Thalassaodendron ciliatum. Taman Laut juga memiliki berbagai spesies ikan, di antaranya mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove. Sekitar 90 spesies ikan tinggal di perairan wilayah ini.

Oleh karena itu, banyak para wisatawan yang datang berkunjung untuk melakukan aktivitas menyelam di kawasan Bunaken. Taman Laut Bunaken juga memiliki 20 dive spot yang memiliki tingkat kedalaman yang bervariasi. Dari 20 dive spot, ada 12 dive spot berada di Pulau Bunaken dan menjadi lokasi penyelaman yang paling sering dikunjungi oleh penyelam-penyelam baik lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Pesona Pantai Dreamland Pecatu Bali,Rute, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket

Biaya Masuk ke Taman Laut Bunaken

Masuk ke Taman Laut Bunaken, setiap pengunjung akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp50.000,-/orang untuk sekali masuk. Dan Rp150.000,-/orang yang berlaku 1 tahun. Bila kamu membeli tiket yang berlaku untuk 1 tahun, maka akan diberikan lencana yang terbuat dari plastik sebagai pengganti tiket.

Bagi kamu yang ingin mencoba diving di taman laut Bunaken, akses untuk mencapai Taman Laut Bunaken bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi ke Bunaken yang sudah tersedia yakni perahu motor dari pantai Teluk Manado. Sementara untuk fasilitas dan akomodasi yang ada di kawasan Bunaken, kamu bisa menginap di hotel yang ada di kawasan Bunaken yang tersedia dengan beragam pilihan.

Baca juga: Wisata Andalan Gunung Bromo: Sejarah, Adat, dan Pesona Alam yang Indah

Hotel Dekat Taman Laut Bunaken

Beberapa hotel dekat Taman Laut Bunaken yang bisa kamu pilih, yakni Bunaken Island Dive Resort dan Bunaken Divers Sea Breeze Resort. Kedua hotel tersebut terletak di Pulau Bunaken. Selain itu, kamu bisa menyewa peralatan menyelam selama bersama dengan instruktur yang fasih beberapa bahasa asing, yakni Perancis, Belanda, Inggris, dan Jerman.

Editor: RAP
    Bagikan  

Berita Terkait