Pesona Nusa Perida: Rute, Tips Wisata, Daya Tarik, dan Fasilitas

Wisata —Rabu, 6 Oct 2021 11:02
    Bagikan  
Pesona Nusa Perida: Rute, Tips Wisata, Daya Tarik, dan Fasilitas
Nusa Perida | Pinterest

BALI, JALANJALANAJA- Nusa Penida adalah sebuah pulau bagian dari negara Republik Indonesia yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

Arti kata Nusa Penida berasal dari bahasa Bali, Nusa artinya pulau dan Penida berasal dari dua kata, Ped dan Ida. Ped berarti kematian serta Ida berarti kekuasaan. Maka Nusa Penida dapat berarti pulau yang memiliki kekuasaan besar yang mematikan.

Pulau Nusa Penida adalah pulau terbesar dari ketiga pulau dan masyarakat lokal sering menyebut dengan nama Nusa Gede. Gede artinya besar. Sedangkan Nusa Ceningan adalah pulau terkecil dari ketiga pulau. Khusus untuk Nusa Lembongan, pulau yang paling terkenal bagi wisatawan, terutama wisatawan Australia.

Kondisi alam pulau Nusa Gede terdiri dari daratan landai dan daratan perbukitan yang dikelilingi oleh lautan. Pulau ini memiliki daerah yang sangat kering, dan tanah di daerah ini memiliki kandungan kapur yang tinggi. Karena hal ini, sebagian besar masyarakat lokal, memilih mata pencaharian sebagai petani rumput laut, sebagai nelayan dan ada juga yang memilih sebagai pedagang.

Pinterest

Baca juga: Pesona Pantai Dreamland Pecatu Bali,Rute, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket

Walaupun akses untuk menjelajah Nusa penida masih belum memadai, namun tidak menyurutkan minat wisatawan datang ke Penida. Tidak ada kata menyerah jika ingin mendapatkan harta alam yang berharga. Kamu juga dapat menikmati berbagai aktivitas wisata bahari favorit wisatawan, seperti scuba diving atau snorkeling.

Tidak hanya menyuguhkan biota laut yang masih alami seperti ikan Mola-Mola atau terumbu karang. Pengunjung juga bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan menyelami 7 spot diving, mulai dari Malibu Point, Penida Bay, Toyapakeh, Manta Point, Batu Meling, Batu Abah, dan Batu Lumbung.

Selain spot diving, wisatawan juga wajib mengunjungi 9 spot keindahan Nusa Penida. Setidaknya butuh waktu 2 hari untuk menjelajah pesona alam Pulau ini. Pertama adalah Pantai yang berbentuk bulan sabit atau Crystal Bay, terkenal sebagai tempat persinggahan dari ikan Mola Mola.

Tempat kedua ada Broken Beach (Pasih Uug), sebuah bukit dengan lubang besar yang membentuk kolam raksasa. Kamu bisa menikmati suasana laut biru di bibir tebing setinggi 50-200 meter.

Pinterest

Baca juga: Wisata Andalan Gunung Bromo: Sejarah, Adat, dan Pesona Alam yang Indah

Urutan ketiga adalah Angel’s Billabong, spot super instagenic ini merupakan muara pemberhentian aliran air sungai sebelum menuju laut lepas. Tempat ini sering digunakan untuk berendam atau berenang tapi kamu harus waspada saat air laut sedang pasang.

Nusa Penida tidak akan sempurna tanpa Pantai Atuh. Pantai ini memiliki view unik seperti kura-kura raksasa yang sedang berenang. Karena letaknya cukup jauh dari pelabuhan, pantai ini jarang dikunjungi sehingga kamu akan merasa seperti liburan ke pantai pribadi apabila tertarik singgah sejenak di Atuh Beach.

Pinterest

Rute Menuju Nusa Penida

Cara terbaik dan murah menuju ke Nusa Penida adalah dengan melewati jalur laut. Dari Pulau Bali, ada beberapa pelabuhan atau rute yang bisa kamu pilih. Berikut ini adalah rute menuju Nusa Penida:

  • Sanur

Terdapat dua pilihan antara menggunakan fast boat atau kapal nelayan yang tersedia untuk menuju ke Nusa Penida.

  • Tanjung Benoa

Kalau dari Tanjung Benoa, kamu bisa ikut day cruise dengan menggunakan kapal Quicksilver.

  • Pelabuhan Padang Bai

Jika kamu membawa kendaraan pribadi, kamu bisa berangkat dari sini dan menggunakan kapal ferry besar (kapal Roro Nusa Jaya Abadi). Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 1 jam dan berlabuh di pelabuhan utama Penida.

  • Pelabuhan di pantai Kusamba Klungkung

Dari pelabuhan ini wisatawan dapat menaiki perahu sampan yang biasanya memakan durasi perjalanan selama 1 jam dan berlabuh di pelabuhan Toya Pakeh.

Baca juga: Pesona Teluk Hijau atau Green Bay Banyuwangi, Pasir Putih dan Air Hijau yang Menghipnotis Mata

Tips buat kamu yang ingin liburan ke Nusa Penida:

Pinterest

  • Kondisi Tubuh Harus Fit
  • Jangan Berkunjung di Bulan Juni
  • Buat Agenda Perjalanan yang Jelas
  • Gunakan Tas Ransel Anti Air, Sendal Jepit, dan Celana Pendek
  • Siapkan Uang Tunai Secukupnya
  • Bawa Perlengkapan yang Memadai
  • Berangkat Melalui Pelabuhan Sanur
  • Pilih Hotel yang Menyediakan Sarapan atau Setidaknya Memiliki Restoran
  • Pastikan Menyewa Tour Guide Selama di Nusa Penida
  • Gunakan Motor Saat di Barat dan Mobil Saat di Timur

Baca juga: Pesona Wisata Andalan Lombok Gili Tramena: Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air

Fasilitas di Nusa Penida

  • Pelabuhan

Terdapat 4 pelabuhan (Buyuk, Toya Pakeh, Banjar Nyuh, Sampalan) di Nusa Penida dimana pelabuhan utama sebagai pintu masuk ke pulau dengan menggunakan jalur laut.

  • Transportasi

Disediakan transportasi umum berupa pick up yang sudah dimodifikasi dan dapat disewa jika kamu ingin berkeliling bersama rombongan.

  • Penginapan

Backpacker tidak perlu berkecil hati apabila ingin menginap di Nusa Penida, karena ada berbagai jenis penginapan bagi kamu pembawa ransel. Mulai dari hotel bintang 2 hingga 5 bisa kamu pilih, seperti Krisna Guest House, The Mel Huts, Linas Villas, Manta Cottage Sea View plus, Ramwan Guest House hingga Nova Homestay.

  • Restoran dan Cafe

Poh Manis Restaurant dapat menjadi salah satu tempat makan alternatif di Nusa Penida yang menyuguhkan hidangan makanan laut dan steak.

  • Penyewaan Motor

Motor merupakan cara terbaik untuk menjelajah Nusa Penida. Harga sewa sepeda motor di daerah Toyapakeh dipatok sekitar Rp 80.000 – Rp 120.000.

Editor: RAP
    Bagikan  

Berita Terkait