Pesona Pulau Weh Sabang: Surga Bawah Laut Sumatra

Wisata —Selasa, 5 Oct 2021 10:52
    Bagikan  
Pesona Pulau Weh Sabang: Surga Bawah Laut Sumatra
Pulau Weh | Pinterest

SABANG, JALANJALANAJA-  Pulau Weh adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut Pulau Sumatra. Pulau ini pernah terhubung dengan Pulau Sumatra, namun kemudian terpisah oleh laut setelah meletusnya gunung berapi terakhir kali pada zaman Pleistosen. Pulau ini terletak di Laut Andaman. Kota terbesar di Pulau Weh, Sabang, adalah kota yang terletak paling barat di Indonesia.

Pulau ini terkenal dengan ekosistemnya. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik ke dalam maupun ke luar sebagai suaka alam. Hiu bermulut besar dapat ditemukan di pantai pulau ini.

Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam, Bufo valhallae (genus Bufo). Terumbu karang di sekitar pulau diketahui sebagai habitat berbagai spesies ikan.

Pinterest

Baca juga: Pesona Pantai Baru Bantul Yogyakarta: Rute, Fasilitas, dan Harga Tiket

Akses Menuju Pulau Weh

Akses menuju ke Pulau Rubiah adalah dari Pantai Iboih atau yang nama lokalnya “Teupin Layeu”. Hanya memerlukan sekitar 5-10 menit dengan perahu motor dari Iboih menuju ke Pulau Rubiah.

Di Iboih pengunjung pun dapat bermain air di pantai dan menginap di guest house yang ada. Jika anda beruntung, beberapa penginapan berkonsep eco-friendly menyediakan paviliun yang menjorok ke laut. Ketika anda membuka mata di pagi hari, pemandangan laut pun langsung di depan mata anda.

Pesona Pulau Weh

Pinterest

Tujuan utama di Iboih umumnya adalah mereka yang ingin bersnokling maupun beraktivitas selam (scuba diving). Namun juga ada yang hanya untuk menikmati keindahan alam dan mencoba kuliner.

Untuk yang ingin menyelam, anda tidak perlu kuatir, ada beberapa dive operator yang ada disini yang dapat anda kontak. Satu keunggulan wisata selam di Pulau Weh adalah lokasinya yang dekat. Laut di sekitar Pulau Rubiah dan pulau-pulau kecil lain di seputarannya, memiliki keragaman berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang indah.

Baca juga: Pesona Wisata Andalan Lombok Gili Tramena: Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air

Pinterest

Bahkan jika anda tidak berniat diving, dengan snorkling anda dapat mengamati kecantikan laut dari permukaan laut. Dijamin, anda dapat menjumpai kumpulan ikan (schooling fish) yang berenang di seputaran terumbu karang. Adapun, biaya menyewa peralatan snorkling rata-rata sekitar Rp40.000. Sedangkan biaya satu kali menyelam sekitar Rp400.000 (atau Eur 25 untuk turis asing).

Perairan di seputar Pantai Iboih dan Pulau Rubiah memang diperuntukkan untuk wisata. Kegiatan penangkapan ikan masif dilarang, karena ditakutkan akan merusakkan terumbu karang, yang pada ujungnya akan berdampak pada potensi bawah laut tempat ini. Tak heran perairan bawah air di tempat ini disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di Sumatera.


Editor: RAP
    Bagikan  

Berita Terkait