Pesona Bukit Panguk Kediwung Jogja: Rute, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk

Wisata —Senin, 4 Oct 2021 14:29
    Bagikan  
Pesona Bukit Panguk Kediwung Jogja: Rute, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk
Bukit Panguk Kediwung | Pinterest

YOGYAKARTA, JALANJALANAJA- Bukit Panguk Kediwung adalah salah satu obyek wisata yang menawarkan pemandangan alam dari ketinggian. Jika dibandingkan dengan obyek wisata perbukitan lain di Bantul memang Bukit Panguk Kediwung termasuk baru karena dibuka pada tahun 2016.

Namun jangan salah, lokasi ini sudah mencuri hati banyak pengunjung dari dalam maupun luar kota.

Jika anda ingin menikmati sunrise dengan udara segar di Yogyakarta, salah satu daerah yang banyak menawarkan tempat wisata tersebut adalah Kecamatan Dlingo yang berada di Kabupaten Bantul.

Instagram @bukitpanguk_jogja

Baca juga: Pesona Indonesia: Keindahan Green Canyon Pangandaran yang Memanjakan Mata dan Pikiran

Rute menuju Lokasi Bukit Panguk Kediwung dari pusat kota Jogja, Malioboro.

Jika hendak berkunjung, berwisata ke Bukit Panguk Kediwung sebaiknya anda mengetahui waktu yang pas untuk berkunjung.
Waktu yang pas untuk berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung adalah pada pagi hari. Jika kamu memulainya dari Malioboro, sebaiknya kamu berangkat pada jam 04:00 pagi. Karena jarak Bukit Panguk Kediwung dari Malioboro adalah kurang lebih 26 kilometer. Waktu tempuh kurang lebih 45 menit sampai 1 jam perjalanan jika kita dari Malioboro. 

Bukti Panguk Kediwung menawarkan keindahan sunrise di atas awan. Sunrise ini sangat terlihat jelas karena lokasi Bukit Panguk Kediwung yang mengahap ke ujung timur.

Baca juga: Wisata Memacu Adrenalin Di Rafting Cileunca Pangalengan Bandung: Rute, Wahana dan Fasilitas

Menikmati Sunrise dan Sunset

Instagram @bukitpanguk_jogja

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan sunrise di Bukit Panguk Kediwung adalah pada pukul 05.00 pagi, sedangkan musim terbaik untuk mengunjunginya adalah pada musim kemarau atau jika pada musim hujan adalah sehari setalah hujan reda.

Panorama terbaik di Bukit Panguk Kediwung adalah matahari terbit dan gumpalan kabut yang seperti awan. Gumpalan kabut ini menyerupai gumpalan awan yang membuat wisatawan menganggap saat sunrise di Bukit Panguk Kediwung serasa berada di negeri di atas awan.

Pemandangan yang Menakjubkan

Instagram @bukitpanguk_jogja

Salah satu yang menjadi magnet bagi pengunjung untuk datang adalah keindahan pemandangan alamnya. Pengelola sudah menyediakan beberapa gardu pandang terbuat dari kayu dan bambu yang sengaja dibangun menjorok ke arah bibir tebing sehingga pengunjung bisa melihat dengan jelas pemandangan di bawah Bukit Panguk Kediwung yang eksotis.

Baca juga: Jalan Braga, Jalan-Jalan Dengan Nuansa Eropa di Bandung

Dari atas kita bisa melihat aliran panjang Sungai Oya yang membelah bukita hijau yang menghampar hijau. Gardu pandang ini bukan gardu pandang biasa karena memiliki bentuk-bentuk yang unik karena sekaligus jadi spot foto.

Ada yang berbentuk jembatan memanjang, bentuk sayap kupu-kupu, bentuk kereta kuda, dan masih banyak lagi. Gardu pandang dengan bentuk biasa juga tersedia.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Fasilitas yang disediakan di Bukit Panguk Kediwung sudah cukup lengkap, terdapat area parkir yang luas, mushola, kamar mandi, mushola, dan warung makanan. Untuk menikmati keindahan Bukit Panguk Kediwung anda hanya akan dipatok biaya Rp 3000,- dengan biaya parkir sebesar Rp 2000,-


Editor: RAP
    Bagikan  

Berita Terkait