WhatsApp Mulai Meluncurkan Enkripsi End-to-end untuk Cadangan Obrolan

Pendidikan —Jumat, 15 Oct 2021 10:40
    Bagikan  
WhatsApp Mulai Meluncurkan Enkripsi End-to-end untuk Cadangan Obrolan
Whatsapp | Pinterest

JALANJALANAJA- Penantian berakhir, sekarang mungkin untuk mengenkripsi riwayat obrolan WhatsApp Anda di Android dan iOS, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan pada hari Kamis.

Perusahaan berencana untuk meluncurkan fitur tersebut secara perlahan untuk memastikannya dapat memberikan pengalaman yang konsisten dan andal kepada semua pengguna.

Namun, begitu Anda dapat mengakses fitur tersebut, itu akan memungkinkan Anda untuk mengamankan cadangan Anda sebelum mereka mencapai iCloud atau Google Drive.

Pada saat itu, baik WhatsApp maupun penyedia layanan cloud Anda tidak akan dapat mengakses file tersebut. Perlu juga disebutkan bahwa Anda tidak akan dapat memulihkan cadangan jika Anda kehilangan kunci enkripsi 64 digit yang mengamankan log obrolan Anda.

Karena itu, Anda juga dapat mengamankan cadangan Anda di balik kata sandi, dalam hal ini Anda dapat memulihkannya jika Anda kehilangannya.

Baca juga: Manfaat Jaringan 5G Di Indonesia! Untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Sementara WhatsApp telah memungkinkan pengguna untuk saling mengirim pesan dengan aman sejak 2016, WhatsApp baru mulai menguji cadangan terenkripsi awal tahun ini.

Dengan pengumuman hari ini, perusahaan mengatakan telah mengambil langkah terakhir untuk menyediakan pengalaman pengiriman pesan terenkripsi ujung-ke-ujung penuh.

Perlu ditunjukkan bahwa enkripsi ujung ke ujung tidak menjamin privasi Anda akan terlindungi sepenuhnya.

Menurut sebuah laporan The Information yang diterbitkan pada bulan Agustus, Facebook sedang mencari AI yang dapat menganalisis data terenkripsi tanpa harus mendekripsi sehingga dapat menayangkan iklan berdasarkan informasi tersebut.

Kepala WhatsApp membantah laporan itu, tetapi itu adalah pengingat bahwa ada lebih banyak privasi daripada sekadar keberadaan enkripsi ujung ke ujung. -23

Baca juga: Kuliner Thailand: Resep Thai Cassava atau Singkong Thailand

Editor: RAP
    Bagikan  

Berita Terkait