Cara Mentransfer Save Data Nintendo Switch

Pendidikan —Senin, 11 Oct 2021 10:26
    Bagikan  
Cara Mentransfer Save Data Nintendo Switch
Nintendo Switch OLED | Pinterest

JALANJALANAJA- Mentransfer save data game dan tangkapan layar melibatkan proses yang berbeda, dan untuk yang terakhir memerlukan kartu MicroSD terpisah. Hal-hal ini juga sangat berbeda jika Anda membayar untuk Nintendo Switch Online. Di sini, kami merinci semua detailnya sehingga dapat mengikuti proses yang paling sesuai untuk mentransfer data Switch.

Nintendo Switch dimuat dengan data penyimpanan game yang berharga, belum lagi tangkapan layar Anda yang berharga dan rekaman gameplay yang mencekam. Tidak perlu memutakhirkan ke Switch OLED baru, tetapi jika hanya bertukar dari satu konsol ke konsol lain harus mentransfer semua data ini. Ada beberapa cara untuk melakukannya.

Cara mentransfer save data dan profil pengguna

Data yang paling berharga dari semua simpanan data dan kemajuan yang di buat dalam game Anda terkait dengan profil pengguna yang di buat saat pertama kali menyiapkan Switch. Ini adalah profil yang Anda pilih setiap kali Anda memulai permainan, dengan nama dan avatar. Semua data terkait itu disimpan di Switch dan perlu disalin ke konsol baru.

Ada dua cara untuk melakukan ini, dan salah satunya membutuhkan biaya. Jika Anda berlangganan Nintendo Switch Online, maka proses ini jauh lebih mudah.

Metode 1:

  • Jika Anda memiliki Nintendo Switch Online

Saat pertama kali mendaftar ke Nintendo Switch Online, game yang akan secara otomatis disetel untuk mencadangkan data ke cloud. Namun, jika dapat mengontrol game mana yang dicadangkan satu per satu, dan dapat mencadangkan data secara manual dengan membuka Pengaturan > Manajemen Data > Simpan Data Cloud.

Baca juga: Web Browser Samsung yang Terlupakan Sekarang Berjalan di Smartwatches Galaxy

Di Switch baru, masuk ke akun Nintendo. Anda dapat melakukan ini selama proses pengaturan normal saat pertama kali mendapatkan Switch atau dengan memilih profil yang ada dari beranda dan memilih "Tautkan Akun Nintendo." Ketika melakukannya, Anda akan dapat mengunduh save data secara manual untuk setiap game dengan menuju ke halaman pengaturan yang disebutkan di atas. Untuk mengunduh ulang game Anda, buka Nintendo eShop, ketuk gambar profil di kanan atas, dan buka Unduh ulang.

Anda dapat terus bermain game di kedua Switch jika Anda berencana untuk menyimpan keduanya. Pastikan untuk mengaktifkan Unduhan Simpan-Data Otomatis di Pengaturan> Manajemen Data> Simpan Data Cloud> Pengaturan. Ini memastikan bahwa file simpan selalu diperbarui ke data terbaru tidak peduli Switch mana yang digunakan, yang berarti dapat melanjutkan di mana Anda tinggalkan di salah satu konsol Anda.

Jika orang lain di rumah ingin memainkan game yang Anda miliki di konsol lama, Switch harus terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama, dan harus membatalkan pendaftarannya sebagai konsol utama setelah mentransfer, yang kita lanjut ke bawah.

Metode 2:

  • Jika Anda tidak memiliki Nintendo Switch Online

Jika tidak memiliki Nintendo Switch Online dan tidak ingin mendapatkannya, Anda masih dapat mentransfer data, tetapi ini sedikit lebih mengganggu. Anda akan membutuhkan kedua perangkat Switch, serta koneksi Internet dan akun Nintendo. Pastikan profil yang ingin di transfer masuk ke akun Nintendo Anda di Switch tempat mentransfer data.

Baca juga: Layanan Podcasting Keempat Google Dilaporkan akan Menjadi YouTube Podcasts

Catatan penting: Jangan masuk ke akun Nintendo Anda di konsol tempat Anda ingin mentransfer data. Jika Anda menautkan akun Nintendo Anda ke profil di Switch baru, proses ini tidak akan dapat menggabungkannya, jadi tunggu hingga diperintahkan untuk masuk.

Setelah semuanya siap, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini di Sakelar sumber tempat Anda mentransfer data dan di Sakelar target tempat Anda mentransfer data:

  1. Buka Pengaturan Sistem dari layar beranda.
  2. Pilih Pengguna dari menu sebelah kiri.
  3. Pilih Transfer Pengguna Anda dan Simpan Data.
  4. Klik Berikutnya.

Pada titik ini, proses untuk setiap konsol akan berbeda. Di Switch lama, pilih konsol Sumber dan klik Lanjutkan. Di Switch baru, pilih konsol Target. Anda kemudian dapat masuk ke akun Nintendo yang terkait dengan profil yang ingin Anda transfer.

Setelah masuk di konsol target, klik Lanjutkan di konsol sumber. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit untuk menyalin data dari satu perangkat ke perangkat lainnya, tergantung pada seberapa banyak data yang harus Anda transfer.

Sayangnya, setelah titik ini, data Anda tidak akan tersedia lagi di konsol sumber. Anda tidak dapat memiliki data di kedua konsol secara bersamaan kecuali jika Anda membayar Nintendo Switch Online jadi pastikan Anda siap untuk pindah sebelum berkomitmen.

Anda dapat memiliki beberapa profil pada satu Switch, dan tidak setiap profil harus dikaitkan dengan akun Nintendo. Namun, jika Anda memiliki beberapa akun Nintendo pada satu Switch, Anda harus mengulangi proses ini untuk masing-masing akun jika Anda ingin memindahkannya ke konsol baru.

Baca juga: Nintendo Switch OLED Review: Pembaruan Nintendo yang Terbaik

Dan seperti sebelumnya, proses ini sebenarnya tidak mentransfer game Anda. Anda masih harus pergi ke eShop dan mengunduh ulang setiap judul secara manual dengan mengeklik profil Anda dan menuju ke tab Unduh Ulang.

Jika Anda perlu mengubah Switch mana yang merupakan konsol utama Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di Switch yang ingin Anda batalkan pendaftarannya, luncurkan eShop dari layar beranda.
  2. Pilih ikon profil Anda di sudut kanan atas layar.
  3. Di sisi kanan layar, gulir ke bawah ke bagian Konsol Utama.
  4. Pilih Batalkan Pendaftaran.

Setelah Anda melakukan ini, Switch berikutnya tempat Anda membuka eShop akan menjadi konsol utama baru Anda. Anda dapat mengubah ini sesering yang Anda perlukan, tetapi hanya satu konsol yang dapat menjadi yang utama dalam satu waktu.

Cara mentransfer tangkapan layar dan rekaman Anda
Proses di atas mentransfer data Anda, tetapi mereka meninggalkan semua tangkapan layar dan rekaman Anda. Ini tidak terlalu kritis, dan Anda dapat meninggalkannya di tempatnya, tetapi jika Anda ingin membawanya ke Switch baru Anda, Anda memerlukan kartu MicroSD. Anda mungkin sudah memilikinya di Switch Anda, karena konsol asli hanya memiliki sedikit ruang penyimpanan 32GB.

Baca juga: Kulineran Populer: Resep Corn Dog Korea

Setelah Anda memiliki kartu MicroSD di konsol Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan Sistem dari layar beranda.
  2. Pilih Manajemen Data.
  3. Pilih Kelola Simpan Data/ Tangkapan Layar dan Video.
  4. Pilih Kelola Tangkapan Layar dan Video.

Dari layar ini, Anda dapat memilih untuk mentransfer semua tangkapan layar dan video ke kartu MicroSD. Setelah disalin, Anda dapat mengeluarkan kartu SD dari Switch lama Anda dan memasukkannya ke yang baru. Namun, jika ingin mengambil kesempatan untuk mencolokkan kartu ke komputer dan mencadangkan atau mentransfer file di suatu tempat Anda dapat menyimpannya dengan aman dalam jangka panjang.

Semua data penting  yang sekarang harus ditransfer dari konsol lama. Jika berencana untuk memberikan atau menjual Switch lama mungkin ingin memformat ulang konsol untuk menghapus semua data dan pengaturan darinya terlebih dahulu. -23

Baca juga: Cara Membuat Paspor Online, Lengkap Dengan Persyaratan Berkas

Editor: RAP
    Bagikan  

Berita Terkait