Suzuka 8 Hours, Perlombaan Adu Ketahan Sepeda Motor

Olahraga —Selasa, 28 Sep 2021 12:11
    Bagikan  
Suzuka 8 Hours, Perlombaan Adu Ketahan Sepeda Motor
Suzuka 8 Hours, Perlombaan Adu Ketahan Sepeda Motor

JALANJALANAJA

Suzuka 8 jam adalah perlombaan ketahanan sepeda motor yang diadakan di Sirkuit Suzuka di Jepang setiap tahun. Perlombaan berjalan selama delapan jam berturut-turut dan peserta terdiri dari dua atau lebih pembalap yang bergantian selama pitstop.

Balapan yang digelar di sirkuit Suzuka Jepang ini adalah balapan yang sangat penting dan populer bagi empat pabrikan raksasa Jepang. Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki punya kepentingan langsung pada ajang balapan ini yaitu, “Winning on Sunday, selling on Monday”. Jika mereka menang dalam ajang ini, penjualan motor diwilayah domestik mereka akan meningkat.

Berbeda dengan balapan MotoGP yang mengedepankan persaingan teknologi pada sepeda motor. Suzuka 8 Hours lebih memperlihatkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi budaya Jepang, seperti kerja sama tim, keandalan, dan efisiensi.

Baca juga: TT Isle Of Man. Salah Satu Balapan Paling Berbahaya Diduinia

Baca juga: Kutukan Dari Sulley Muntari Kepada Buffon yang Bahkan Ronaldo Pun Tak Sanggup Bantu Buffon

Tidak seperti di MotoGP yang jadi pusat perhatian adalah sang pembalap, di Suzuka 8 Hours yang jadi pusat perhatian adalah CEO dan para pejabat tim pabrikan motor tersebut.

Para pembalap yang ikut serta juga mengakui bahwa mereka sedikit takut bila CEO dan pejabat tim ada di garasi pitstop mereka. Ini juga menjadi tekanan mental bagi para pembalap untuk menampilkan penampilan terbaik mereka.

Di lain sisi, jika pembalap mampu memberikan gelar juara, mereka juga mendapatkan jaminan pekerjaan dari pabrikan yang menaunginya. Bagi para petinggi pabrikan pembalap yang telah memberikan kemenangan dan kehormatan yang tinggi bagi tim pabrikan.

Ajang balapan ini menempuh jarak 1300 km atau sekitar 220 lap. Pada setiap raceday akan dimulai pada jam 11.30 dan berakhir 19.30 waktu setempat. Matahari di Jepang terbenam pada jam 18.30. Para pembalap akan melakukan balapan 1 jam tanpa sinar matahari. Ini akan menjadi tantangan bagi para pembalap, ketika menggeber motor hingga kecepatan 300km/jam disirkuit yang dikenal banyak memiliki tikungan berbahaya pada saat transisi dari terang ke gelap.

Baca juga: Inilah Jorge Masvidal, Peraih Rekor KO Tecepat UFC

Baca juga: 7 Atlet Bulutangkis Yang Mengharumkan Nama Indonesia

Suzuka 8 Hours juga memiliki aturan mereka sendiri dalam kegiatan pitstop. Ketika para pembalap memasuki pit lane, mereka harus menahan kecepatan pada 60km/jam. Ini membuat pembalap harus mengatur strategi agar tidak kehilangan banyak waktu.

Setiap tim yang ikut ajang ini mereka rata-rata diberi kesempatan maksimal delapan kali masuk pit. Di pitstop mereka melakukan ganti ban, isi bahan bakar, ataupun ganti rider kedua atau ketiga.

Pilihan menggugnakan delapan pitstop itu membuat rata-rata pembalap akan masuk ke pit setiap 23-25 lap sekali. Adapun tim yang diberikan 7 kali pit akan melakukan 27-28 kali masuk pit.

Valentino Rossi pun pernah mengikuti ajang balapan ini saat ia masih berada di tim Honda. Ia ikut ajang ini pada tahun 2001 dan teman satu timnya adalah Colin Edwards. Itu pun menjadi keterlibatan pertama dan terakhir bagi Rossi, karena menurutnya itu akan membuat fisik dan mental kurang fit saat melakukan balapan MotoGP. Sebab balapan ini dilakukan di paruh musim MotoGP.

Baca juga: Kualat! Benfica di Kutuk Puasa gelar Liga Champions Selama 100 tahun

Editor: Ilham
    Bagikan  

Berita Terkait