TT Isle Of Man. Salah Satu Balapan Paling Berbahaya Diduinia

Olahraga —Selasa, 28 Sep 2021 10:23
    Bagikan  
TT Isle Of Man. Salah Satu Balapan Paling Berbahaya Diduinia
TT Isle Of Man. Salah Satu Balapan Paling Berbahaya Diduinia/pinterest

JALANJALANAJA

Isle of Man TT atau Tourist Trophy adalah acara tahunan sepeda motor sport yang diselenggarakan di Pulau Man pada bulan Mei/Juni dari sebagian besar tahun sejak 1907. Acara tersebut sering disebut sebagai salah satu acara balapan paling berbahaya di dunia.

Pasalnya, balapan ini tidak digelar di sirkuit tapi di jalan umum. Panjang lintasan ini adalah 60 km dan berada 400 meter diatas permukaan laut. Lintasan ini memiliki 200 lebih tikungan yang harus dihafal oleh pembalapnya. Kontur lintasan yang beragam dari pedesaan, perkotaan, hingga perbukitan.

Balapan ini memiliki banyak sekali tikungan berbahaya, mulai dari di apit oleh tembok, trek yang sempit, dan juga berada di pinggir jurang. Pihak penyelenggara juga harus meminimalisir kecelakaan saat balapan. Salah satu caranya yaitu, dengan memberikan jeda selama 10 detik saat start.

Baca juga: Inilah Jorge Masvidal, Peraih Rekor KO Tecepat UFC

Baca juga: 7 Atlet Bulutangkis Yang Mengharumkan Nama Indonesia

Para pembalap yang ikut kompetisi ini memacu kuda besinya dengan kecepatan rata-rata 300km/jam. Dengan perubahan yang dilakukan para pembalap pada motornya yang membuat motor mereka semakin kencang. Karena kontur trek yang beragam mereka juga bisa bedara 1 meter diatas aspal saat mengunggangi motor mereka.

Ada juga pembalap Motogp yang pernah menjajaltrek ini salah satunya yaitu, Valentino Rossi. Rossi pernah mencoba trek ini pada 2009 namun tidak ikut balapan. Rossi hanya mengikuti parade mengitrai trek ini.

Ia sempat di tawari untuk mengikuti komprtisi ini namun menolak, karena menurutnya ini terlalu bernahaya.

“Balapan ini sangat bahaya dan tak ada tempat untuk melakukan kesalahan di sini”, ungkap Rossi.

Baca juga: Rahasia Segitiga Bermuda yang Belum Terpecahkan

Baca juga: Fakta Menarik Mengenai Kucing yang Harus Kalian Tahu

Pada tahun 2016 empat pembalap tewas di trek ini. Balapan yang di gerlar sejak 1907 ini telah memakan 255 korban jiwa.

Ada tujuh kelas balapan di TT ini yaitu, Senior TT, lalu Super Stock TT, Superbike TT, Supersport TT, Lightweight TT, Side Car TT, dan yang baru adalah Zero TT. Walaupun balapan ini hadiahnya lebih kecil dari balapan Grandprix, namun ini sangat menarik bagi para pemacu adrenalin.

Bagaimana sobat, apakah kalian berminat mencobanya?

Editor: Ilham
    Bagikan  

Berita Terkait