Resep dan Bahan Membuat Wedang Jahe yang Enak dan Menyehatkan.

Kuliner —Sabtu, 18 Sep 2021 09:52
    Bagikan  
Resep dan Bahan Membuat Wedang Jahe yang Enak dan Menyehatkan.
Resep dan Bahan Membuat Wedang Jahe yang Enak dan Menyehatkan/pinterest

JALANJALANAJA

Sekilas nampak muda untuk membuat wedang jahe. Namun jika bahan yang digunakan kurang baik, rasanya akan kurang sedap dan aromanya kurang kuat. Rasanya akan cenderung agak pahit, kurang segar. Ini akan membuat rasanya dilidah kurang sedap.

Untuk membuat wedang jahe yang segar dan menyehatkan tentunya harus dengan memilih bahan yang baik dan berkualitas. Jahe yang bagus untuk di buat menjadi wedang jahe adalah jahe jawa atau jahe merah yang sudah tua.

Seperti apa sih cara membuatnya, dan apa saja bahan lain yang diperlukan? Mari kita bahas cara membuat minuman Wedang Jahe.

 

Bahan-bahan :

  1. 2 gelas air
  2. 5 ruas jari jahe
  3. Gula jawa atau gula batu

Tahap pembuatan :

  1. Pilih jahe yang sudah tua. Tanda jahe yang sudah tua adalah kuliitnya berwarna kecoklatan. Pilihlah jahe yang permukaannya masih keras.
  2. Bakar jahe sebentar hingga keluar aromanya. Perhatikan juga besar api yang digunakan agar jahe tidak gosong. Bakar hingga merata di semua sisi.
  3. Kupas jahe dengan tipis saja. Karena bagian jahe yang terasa hangat ada dibagian bawah kulit jahe. Kupas dengan cara mengerik kulit jahe dengan pisau.
  4. Iris jahe menjadi bagian yang lebih kecil. Ini bertujuan agar mengeluarkan sari jahe, rasa, aroma agar lebih kuat.

Baca juga: Resep Cireng Isi Ayam Suwir Pedas Ala Rumahan

Baca juga: Resep dan Bahan Semur Jengkol Ala Rumahan

Rebus air hingga menididih lalu masukan semua bahan. Untuk penggunaan gula di sesuaikan tapi jangan terlalu banyak agar tidak terlalu manis. Rebus semua bahan selama 10 menit.

  1. Tuang dan saring sebelum dihidangkan. Sajikan Wedang Jahe selagi masih hangat kedalam gelas.

Saran saya sisa jahe yang sudah di pakai jangan direbus lagi. Jika sisa jahe tidak ingin terbuang, maka haluskan dan taburkan ke taman hias anda jika anda mempunyai tanaman hias.

Wedang Jahe bisa diminum setiap hari karena minuman ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan batuk, dan menghangatkan badan. Jika diminum untuk meredakan batuk kurangi jumlah gula yang digunakan atau bisa diminum tanpa gula.

Selamat mencoba kawan-kawan.

Baca juga: Resep dan Bahan Kerak Telor Betawi yang Selalu di Hati

Baca juga: Indahnya Wahana Air Sungai Elo Untuk BodyRafting & Arum Jeram yang Segar dan Mendebarkan

Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait